Visit Jateng 2013 Dengan Festival Jamu

Visit Jateng 2013 Dengan Festival Jamu

Portal Berita – Untuk kedua kalinya Semarang Jawa Tengah mengadakan Festival Jamu dan Kuliner Internasional 2013. dan untuk meramaikan acara ini di ikuti oleh 12 negara di dunia.

Acara ini mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari masyarakat Semarang. acara ini di gelar di halaman gedung Gubernur dan DPRD Jawa Tengah. banyak masyarakat yang sedang melintas di depan lokasi menyempatkan diri untuk berhenti dan mengikuti acara ini sampai area di festivalpun sangat padat.

Banyak jenis kuliner yang meramaikan acara Internasional ini, ada sekitar 53 stan jamu dan 10 stan kuliner di festival tersebut. di tawarkan berbagai jamu dari seluruh Indonesia , dan beberapa di antaranya menyediakan sempel gratis untuk bisa langsung di coba oleh para pengunjung yang datang.

Salah satu pengunjung yang menyempatkan untuk di wawancarai yakni Vita (32) mengatakan bahwa awalnya dia tidak ada maksut untuk datang di festivel ini, tapi saat melintas di depak lokasi festivel dia melihat keramaian dan mengetahui bahwa tema festival adalah jamu jadi dia dan segenap keluarganya memutuskan untuk mampir.

“Saya tadi cuma lewat, ini bagus bisa memberi pengetahuan tentang jamu yang merupakan obat herbal asli Indonesia,” kata Vita di Festival Jamu dan Kuliner Internasional, Halaman kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan ,Semarang.

Festival Jamu dan Kuliner Internasional 2013 ini di ikuti oleh 20 mahasiswa yang merupakan pertukaran dari organisasi internasional AIESEC. mereka menampilkan kuliner dari negara mereka masing masing. salah satunya dari Jepang yakni Suzuki Yuya (19), dia membuat makanan khas dari jepang yaitu okonomiyaki dan onigiri untuk bisa di coba langsung oleh para pengunjung di festival.

“Beberapa bahan saya bawa dari Jepang, sisanya beli di toko impor di Semarang,” ujarnya sambil tertawa.

Negara negara lain di festival ini antara lain berasal dari Jerman, Austria, China, Rusia, Vietnam, Jepang, Mesir, Spanyol, Cekoslovakia dan Polandia. para negara negara yang ikut dalam festival ini juga membagikan bendera bendera kecil dari negara mereka masing masing untuk di bagikan kepada anak anak yang berkunjung di lokasi.

Pembukaan festival ini di buka dengan beragam tarian tradisional kontempore. dan salah satunya adalah tarian Jamune Topeng Walang Kekek yang di bawakan oleh seniman senior Didik Ninik Thowok. Festival Jamu dan Kuliner Internasional 2013 ini akan berlangsung selama 3 hari dari hari Jumat, 13 September hingga hari Minggu, 15 September 2013 mendatang.

Bapak Gubernur Jawa Tengah yang baru saja terpilihyakni Ganjar Pranowo berharap festival ini akan bisa memperkenalkan jamu lebih luas lagi ke masyarakat secara nasional bahkan sampai internasional. dan juga bisa menjadikan sharing modal dan sharing pasar.

“Saya harap pengunjung merasa nyaman berada di sini. Dan jika senggang bisa mengunjungi tempat pariwisata lain di Semarang,” kata Ganjar.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan Visit Jateng Years 2013,” tambahnya.