Bonek Robot Unik Bentuk Kucing Pengusir Kesepian Pasien Pikun

Bonek Robot Unik Bentuk Kucing Pengusir Kesepian Pasien Pikun

Portal Berita – Boneka kucing yang tampak hanya seperti boneka pada umumnya ini ternyata menyimpan keunikan didalamnya. Keunikannya yaitu sebenarnya boneka kucing tersebut merupakan sebuah robot. Boneka robot yang berbentuk kucing ini dibuat karena untuk membuat pasien demensia (pikun) agar tidak merasa kesepian.

Robot ini dinamakan JustoCat oleh pembuatnya yaitu Prof Lars Asplund dari Malardalen University, Swedia. Pakar robotika yang bekerja pada perusahaan yang bernama Robotdalen ini sengaja menciptakan JustoCat bersama timnya untu menemani para pasien yang merasakan kesepian karena kepikunan yang dialaminya.

Setelah melakukan riset pada pasien dan dibantu oleh pengasuh, ternyata JustoCat ini sangat bermanfaat dan berhasil. Itu ditunjukkan saat pasien merasa tenang saat terjadi tindakan repetittif dan pasien juga berinteraksi serta berkomunikasi.

Uniknya lagi robot kucing ini berfungsi layaknya kucing hidup, karena dia juga bisa bernapas bahkan juga bisa mendengkur dan mengeong. Dan bulu pada robot ini tidak rontok saat di elus seperti bulu kucing yang sesungguhnya. Namun justoCat yang masih tersedia di Eropa ini diciptakan bukan untuk mainan melainkan untuk alat kesehatan.