Tips Praktis Merawat Alat Kecantikan

Tips Praktis Merawat Alat Kecantikan

Portal Berita – Selain makeup, hal lain yang tidak kalah esensial bagi para wanita adalah alat kecantikan. Alat kecantikan ini bisa mencakup kuas makeup, spons, bahkan sisir yang pastinya digunakan setiap hari. Pertanyaannya, sudah merawat, alat-alat tersebut secara rutin belum? Merawat segala alat kecantikan yang Anda miliki sangat penting untuk membuat "usianya” lebih lama dan juga penting untuk kesehatan. Jika alat-alat kecantikan bisa awet dan digunakan dalam jangka waktu lama, Anda tak harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli alat tersebut lagi dan lagi kan. Nah, coba beberapa tips ini yuk!

1. Kuas Makeup

Alat kecantikan yang satu ini penting untuk dirawat karena biasanya digunakan secara rutin dalam ritual makeup sehari-hari. Tak hanya sisa kosmetik, minyak, dan kotoran pada wajah pun dapat menempel pada kuas. Hal terbaik untuk memperpanjang umur kuas makeup Anda adalah membersihkannya minimal sekali seminggu. Anda dapat menggunakan pembersih lembut yang dibuat khusus untuk kuas makeup atau sampo bayi. Hindari merendam kuas di dalam air karena akan melarutkan lem pada kuas dan berpotensi membuat bulu-bulu kuas rontok. Untuk mengeringkannya, Anda dapat membiarkan kuas makeup mengering secara alami.

2. Spons Makeup

Sering melewatkan untuk membersihkan spons makeup? Saatnya Anda merubah kebiasaan agar spons makeup Anda dapat bertahan lebih lama. Caranya sangat mudah dan simpel. Anda bisa merendam spons dalam air hangat yang telah diberi sabun sebelumnya. Lalu, diamkan sejenak hingga semua kotoran di spons Anda larut. Setelah itu, bilas di bawah air bersih yang mengalir dan biarkan hingga mengering. Jangan lupa memastikan spons Anda tidak lagi mengandung sisa-sisa sabun sebelum dikeringkan. Anda dapat rutin membersihkan seluruh spons makeup Anda tiap dua hingga tiga kali seminggu setelah digunakan.

3. Sisir

Hayo, apakah selama ini Anda sering membersihkan alat kecantikan yang satu ini? Jika selama ini Anda sering membersihkan batang rambut yang tersangkut setelah pemakaian, Anda telah turut menjaga umur panjang dari sisir pribadi Anda. Namun, ternyata membersihkan batang rambut yang tersisa saja tidak cukup. FYI, sisir yang digunakan setiap hari ternyata menyimpan minyak dan kotoran pada rambut, lho. Jika Anda tidak rajin membersihkannya, maka bisa menyebabkan ketombe atau masalah lainnya pada kulit kepala Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membersihkan sisir secara menyeluruh dengan mencuci sisir sebulan sekali dengan merendamnya dalam larutan air hangat dan sedikit sabun. Sikatlah seluruh kotoran dan rambut yang masih tersisa di sisir dan keringkan.

4. Alat Cukur

Jika Anda sering menggunakan alat pencukur, Anda harus berhati-hati dalam merawatnya karena alat kecantikan ini mudah sekali menjadi sarang bakteri. Anda dapat membersihkan alat pencukur dengan merendamnya dalam larutan cuka dan air hangat, lalu hilangkan sisa rambut dengan sikat gigi hingga bersih. Setelah itu, segera keringkan. Pastikan Anda selalu mencuci dan mengeringkan alat pencukur segera setelah Anda selesai menggunakannya. Hindari menyimpan alat pencukur di dalam kamar mandi karena kondisi kamar mandi yang lembap dapat membuatnya mudah berkarat. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan infeksi pada kulit Anda saat menggunakan alat pencukur yang telah berkarat.

5. Maskara

Pernahkan Anda memperhatikan kuas maskara yang sering Anda gunakan? Kuas maskara yang jarang dibersihkan biasanya membuat kuas maskara memiliki banyak gumpalan. Nah, gumpalan ini dapat membuat maskara yang dikenakan tidak memberi hasil yang sempurna. Bahkan, membuat pengaplikasian maskara di bulu mata tidak merata karena hasilnya yang menggumpal. Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Anda dapat membersihkan kuas maskara setiap seminggu sekali dengan tisu atau merendamnya dengan air hangat. Setelah itu, keringkan dengan tisu dan jangan lupa dimasukkan kembali ke dalam tabung maskara, ya!