Tips Memilih Kuas Makeup Yang Tepat Dan Berkualitas

Tips Memilih Kuas Makeup Yang Tepat Dan Berkualitas

Portal Berita – Selain menggunakan produk makeup yang tepat, riasan dengan hasil yang flawless juga sangat bergantung pada cara Anda memilih aplikator yang digunakan. Dan salah satu aplikator makeup yang bisa diandalkan untuk mengaplikasikan berbagai jenis produk kecantikan adalah kuas. Tak bisa asal pilih saja, Anda memerlukan kuas yang berkualitas agar hasil makeup lebih maksimal. Selain menghasilkan makeup yang flawless, kuas makeup tepat dan berkualitas akan lebih awet dan juga aman untuk kulit. Bagi Anda yang sedang mencari kuas makeup yang tepat dan berkualitas, berikut 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli beauty tools ini.

1. Pilih jenis kuas sesuai kebutuhan

Berbeda produk makeup, berbeda pula jenis kuas makeup yang Anda butuhkan. Sebut saja flat brush yang bisa Anda pilih untuk mengaplikasikan foundation atau bedak supaya hasilnya lebih halus atau angled brush jika Anda membutuhkan kuas untuk mengaplikasikan kontur. Berbeda pula dengan fan brush yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan produk makeup dalam bentuk bubuk, seperti highlighter atau bronzer. Pilih dan beli kuas makeup yang sesuai dengan kebutuhan Anda terlebih dahulu. Bila setelahnya Anda ingin belajar berbagai teknik makeup, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli brush set.

2. Perhatikan bahan bulu kuas

Setelah menentukan jenis kuas yang akan dibeli dan gunakan, Anda perlu memerhatikan juga bahan bulu kuasnya. Biasanya, kuas makeup yang dijual di pasaran terbuat dari dua jenis bahan yakni natural bristle dan synthetic bristle. Keduanya tentu saja memiliki efek yang berbeda baik dilihat dari sisi kelembutan dan riasan yang dihasilkan. Biasanya banyak orang lebih memilih kuas dengan bahan rambut natural karena lebih lembut di kulit, mengambil atau menyerap produk yang akan diaplikasikan dengan mudah dan menghasilkan finish yang halus. Karenanya, kuas dengan natural bristle akan cocok digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup dengan tekstur bubuk. Sedangkan untuk makeup dengan tekstur cair atau krim akan lebih disarankan menggunakan kuas dengan synthetic bristle.

3. Gunakan kuas dengan ukuran dan gagang yang tepat

Selain jenis bahan yang digunakan untuk bulu pada kuas, yang tak kalah penting juga untuk diperhatikan adalah ukuran dan bahan gagang kuas makeup. Kuas makeup yang berkualitas akan memiliki gagang yang kokoh dengan ukuran yang pas dan disesuaikan dengan anatomi tangan sehingga akan nyaman ketika digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup. Gagang yang bagus dari kuas makeup yang berkualitas juga akan membuat bulu kuas tidak mudah rontok sehingga lebih awet.

4. Pilih yang aman untuk kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif harus selalu memerhatikan produk kecantikan yang dipakai pada wajah agar tidak menimbulkan breakout maupun iritasi. Ternyata tak hanya produk makeup saja yang bisa berpotensi membahayakan kulit sensitif, tetapi kuas makeup yang digunakan juga dapat menjadi penyebabnya. Selain karena tidak merawat kebersihan kuas makeup dengan baik dan rutin, ternyata bahan kuas natural juga bisa menimbulkan iritasi, alergi dan juga breakout terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, loh. Karenanya, bila memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa beralih menggunakan kuas sintetis yang akan lebih aman dan meminimalkan efek samping.