Tips Melindungi Diri Dari Sinar Matahari

Tips Melindungi Diri Dari Sinar Matahari

Portal Berita – Menurut para ahli, 80% penuaan pada wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari! Penuaan yang berkaitan dengan paparan ini disebut photoageing. Tanda-tandanya antara lain kerutan yang dalam, pigment spots (bintik-bintik pigmen), dan teleangiektasia (pelebaran pembuluh darah kecil yang tampak di bawah kulit). Tipe penuaan dini ini mengenai semua area yang sering terkena paparan seperti wajah, punggung, tangan, lengan bawah, dan leher. Sinar UVB dan UVA memengaruhi sel kulit secara drastis; sinar UVB menyebabkan kulit menjadi gelap (tanning) atau terkena sunburn, sedangkan sinar UVA menyebabkan rusaknya kolagen dan elastin, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan menjadi terlihat. Itu sebabnya, ada banyak alasan untuk terbiasa melindungi diri Anda terhadap paparan sinar matahari.

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda tahu dan lakukan:

1. SPF (Sun Protection Factor) melindungi kulit dari sinar UVB sedangkan PA(+) melindungi kulit dari sinar UVA, sehingga penting untuk memilih sunscreen yang terdapat keduanya.

2. Pada saat terkena terik matahari, sel kulit juga bisa mengalami shock juga lho! Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada DNA sel kulit Anda. Oleh karena itu, pilihlah kandungan-kandungan sunscreen yang dapat melindungi sel kulit di bawah "heat shock".

3. Sensitivitas setiap orang pada matahari berbeda-beda tergantung pada fototipe kulit. Semakin terang kulit Anda akan semakin sensitif terhadap matahari. Bagi kulit orang Indonesia, penting untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA minimal +++. Semakin terang warna kulit Anda, SPF dan PA yang dibutuhkan akan lebih tinggi (SPF 50+ & PA++++).

4. Bayi, balita, dan anak-anak memiliki kulit yang "istimewaā€¯ karena sensitivitasnya yang masih tinggi. Perpaduan sel mereka belum dewasa/sempurna, itu sebabnya penting sekali memakaikan tabir surya dengan perlindungan sangat tinggi sebelum terkena paparan sinar matahari.