Tips Kurangi Konsumsi Asupan Manis

Tips Kurangi Konsumsi Asupan Manis

Portal Berita – Jika kita sedang lelah seharian setelah melakukan aktivitas, pasti tubuh kita ingin merasakan minuman yang segar dan manis. Apalagi apabila cuaca sangat panas, maka minuman dingin yang manis adalah solusinya.

Sekarang ini, sudah banyak minuman manis yang beredar dan banyakjuga dari minuman-minuman tersebut terlalu banyak menggunakan gula. Perlu Anda ketahui, bahwa ternyata minuman manis lebih berbahaya daripada makanan manis.

Menurut rujukan Badan Layanan Kesehatan Publik di Inggris (NHS), asupan gula harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa berkisar 30 gram. Jadi jika mengkonsumsi gula lebih dari jmlah tersebut dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan bagi kesehatan, contohnya akan terkena diabetes.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W mengungkapkan, konsumsi gula berlebih tidak baik bagi kesehatan karena dapat memicu penimbunan lemak tubuh. Bahkan berisiko meningkatkan risiko kesehatan seperti diabetes, kegemukan, sakit jantung, kolesterol, kerusakan gigi, hingga penuaan dini.

“Dalam jangka pendek dapat menyebabkan meningkatkan glukosa darah, craving atau cepat lapar, dan kecanduan. Sehingga kita lebih ingin mengkonsumsi makanan dan minuman manis,” ungkap dr. Ervina.

dr. Ervina memberikan beberapa tips agar konsisten mengurangi manis. Pertama, mulailah membaca informasi atau keterangan nutrisi yang tertera dalam kemasan minuman. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015 menyatakan bahwa asupan gula yang baik dikonsumsi adalah sebanyak dua sendok makan atau 25-30 gram per hari.

“Boleh juga dibantu dengan mengecek asupan gula harian di aplikasi kesehatan. Beberapa aplikasi memberikan informasi gizi atau nutrition fact. Informasi tersebut dapat membantu dalam mengontrol gula harian,” jelasnya.

Kedua, kombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan serat pada makanan. Kombinasi tersebut dapat memperlambat pelepasan gula darah ke dalam tubuh dan membuat kenyang lebih lama.

Ketiga, secara kurangi gula secara perlahan dengan tidak langsung menguranginya dalam jumlah yang banyak atau mendadak. Jadi, kurangi gula secara bertahap dan perlahan-lahan.

“Ganti gula yang tinggi kalori dengan pemanis rendah kalori pada makanan dan minuman. Pilih yang tidak berubah rasa pada pemanasan. Beli makanan atau minuman tanpa pemanis atau substitusikan dengan gula pemanis rendah kalori,” paparnya.

Bisa juga menetralisir tubuh dengan meminum cuka sari apel karena menurut survey, mengkonsumsi cuka sari apel dapat mengurangi keinginan tubuh untuk mengkonsumsi gula.

Makan buah dipagi hari juga bisa menjadi alternative apabila kalian tidak memiliki cuka sari apel, karena buah juga segar dan bermanfaat bagi kesehatan.