Tips Cara Keramas Dengan Benar

Tips Cara Keramas Dengan Benar

Portal Berita – Lurus atau keriting, ada satu masalah yang kerap dialami para wanita dengan rambut panjang yakni kusut. Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut mudah kusut, mulai dari kondisi rambut yang kering, kebiasaan tidur tanpa merapikan rambut, hingga malas menyisir rambut. Di antara penyebab yang sudah disebutkan sebelumnya, ada salah satu penyebab yang terasa paling menyebalkan karena cenderung lebih susah ditangani, yaitu rambut kusut setelah keramas. Apakah Anda sering mengalaminya juga? Nah, untuk meminimalisir kerusakan akibat rambut kusut saat keramas, berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Sisir menggunakan detangler brush sebelum keramas

Dalam keadaan basah, rambut akan semakin mudah kusut. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya pastikan rambut bebas kusut sebelum membasahinya dengan air. Mulailah dengan menyisir rambut perlahan menggunakan jari. Tujuannya, agar Anda tahu seberapa banyak simpul rambut yang harus diurai. Jika tidak berhasil menguraikan bagian rambut yang kusut tersebut, Anda bisa menggunakan detangler brush hingga rambut benar-benar halus.

2. Gunakan hair oil sebelum keramas

Salah satu penyebab rambut mudah kusut adalah kondisi rambut yang kering. Maka itu, kita perlu menjaga kelembapan rambut, salah satunya dengan cara menggunakan hair oil sebelum keramas. Aplikasikan hair oil secukupnya pada bagian bawah rambut, khususnya pada area yang mudah kusut, sambil disisir menggunakan jari hingga tidak ada rambut yang kusut lagi.

3. Hindari kandungan alkohol pada produk perawatan rambut

Ada beberapa produk perawatan rambut yang memiliki formula terlalu keras sehingga menyebabkan kerusakan pada rambut. Beberapa di antaranya adalah SLS dan alkohol. Dua kandungan ini berisiko membuat rambut semakin kering, merusak tekstur kutikula, serta menyebabkan rambut menjadi mudah kusut dan patah. Maka itu, sebaiknya gunakan produk yang lembut agar kelembapan rambut bisa lebih terjaga, ya!

4. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya
Dibanding menggunakan hair dryer, sebaiknya gunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Namun, ingat juga untuk tidak mengeringkannya dengan gerakan menggosok, ya! Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan rambut patah, frizzy, dan terlihat kusam. Lebih baik, gunakan handuk untuk memeras air yang tersisa sebanyak mungkin, kemudian diamkan hingga benar-benar kering dengan sendirinya.