Sudah Dari 350 Tahun Lalu Resep Es Cokelat Di Buat

unikKreasi minuman es cokelat ternyata sudah ada sejak 350 tahun lalu. Masa itu konsumsi cokelat harus dibatasi karena alasan kesehatan. Namun, keturunan Earl of Sandwich justru membuat 7 resep ice chocolate yang memanfaatkan salju musim dingin!

Dr. Kate Loveman dari University of Leicester menemukan dessert ini di pamflet dari tujuh resep hidangan cokelat yang ditulis tahun 1668 oleh Edward Montagu, keturunan kedua Earl of Sandwich. Resep es cokelat ini dibuat dengan mengaduk minuman cokelat asin dalam kemasan yang dikelilingi salju, karena itu minuman ini malah banyak dikonsumsi saat musim dingin.

Resep ini tercipta karena Earl of Sandwich ingin meningkatkan perdagangan di negara jajahan Amerika Selatan dan Pusat. Selain itu, ia juga anggota Royal Society yang tertarik dengan teknik pembekuan makanan dan es.

Cokelat pertama kali diiklankan di Inggris pada tahun 1640 sebagai minuman eksotis dari biji kakao, Pada tahun 1660 saat Earl of Sandwich mengumpulkan resep es cokelat, konsumsi cokelat disertai dengan aturan batas aman karena dipercaya hot chocolate bisa menyebabkan insomnia. Sedangkan cokelat dingin bisa menyebabkan kerusakan perut, jantung, dan paru-paru.

Dalam tujuh resep yang ditemukan, salah satunya dibuat oleh King Charles II yang menambahkan bahan-bahan unik seperti muntahan paus, yang dikenal sebagai kandungan yang diekstraksi dari kelenjar musang. Di resep tersebut, terdapat tulisan biaya £200 (Rp 3.389.350) yang masih belum jelas apakah nilai teresebut harga jual atau biaya untuk membuatnya.

“Resep dari King Charles II juga meliputi campuran 1,3 kg minyak kakao, minyak Jamaica, minyak jinten, kayu manis, kapulaga, dan Guinea pepper. Selain itu terdapat juga campuran vanila dan gula,” tutur Dr Loveman kepada Daily Mail (02/10/2013).

Resep-resep yang dikembangkan Earl of Sandwich terinspirasi dari buku A Curious Treatise on the Nature and Quality of Chocolate oleh dokter Spanyol bernama Antonio Colmenero. Resep lainnya berasal dari anak buahnya di Spannyol, John Warden yang menginformasikan teknologi membekukan cokelat.