Sudah 2 Korban Tewas Akibat Lahar Dingin DI Jogjakarta

Lahar dingin telah menewaskan 2 korban di sungai Gendol, Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Lahar dingin itu berisi material erupsi Gunung Merapi.

Dua korban tewas tersebut yakni sopir truk pengangkut pasir, Hartono, warga asal Kudus, Jawa Tengah dan satu kernetnya yang belum diketahui identitasnya.

Banjir lahar dingin yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, juga menyebabkan alat berat ekskavator terjebak dan diterjang banjir lahar dingin yang membawa batu dan pasir merapi.

Widodo, salah satu relawan mengatakan, kejadian banjir lahar dingin tersebut berlangsung secara cepat dan langsung menerjang eskavator dan truk.
Sedangkan dua korban yang berusaha lari dari sungai justru diterjang banjir lahar dingin.

Sebelum banjir datang, kawasan puncak terutama kawasan Pusung London — salah satu bukit di lereng Gunung Merapi — dilanda hujan deras.

Hari, warga setempat mengatakan, setelah berhasil dievakuasi ke daratan kedua jenazah di larikan ke RS Panti Nugroho di Pakem, Kabupaten Sleman dan rencananya akan di kirim RSUP Sardjito Yogyakarta.

Lebih lanjut Hari mengatakan, untuk alat berat eskavator dan truk pengangkut pasir dengan Nopol K 1979 EB masih berada di sungai Gendol dan belum dievakuasi oleh para penambang karena masih terjadi banjir lahar dingin di sungai.