Awalnya Monas

Awalnya Monas

Portal Berita – Mengetahui lebih jauh lagi Tentang Monas. Bagi warga negara Indonesia dan warga Jakarta khususnya, Monumen Nasional yang sudah biasa disebut Tugu Monas itu tidak asing lagi. Monas yang berada tepat di jantung ibukota negara dan pemerintahan Republik Indonesia ini menjulang tinggi mengalahkan kemegahan bangunan-bangunan yang ada di sekelilingnya.

Menurut sejarahnya, bangunan setinggi 128,70 meter ini dibangun pada masa pemerintahan Presiden Sukarno, tepatnya tahun 1961. Awalnya, sayembara digelar oleh Presiden Sukarno untuk mencari lambang yang paling bagus sebagai ikon ibukota negara Indonesia. Sang Presiden akhirnya jatuh hati pada konsep Obelisk yang dirancang oleh Friederich Silaban. tapi saat pembangunannya, Sukarno merasa kurang cocok dan kemudian menggantinya dengan arsitek Jawa bernama Raden Mas Soedarsono. Sukarno yang seorang insinyur memberikan gagasannya kepada Soedarsono hingga jadilah Tugu Monas seperti yang dapat kita saksikan seperti sekarang ini.

Proyek mercusuar pembangunan Monumen Nasional tersebut sesungguhnya dilakukan pada saat kondisi keuangan negara dalam masa kritis. saat itu Sukarno juga tengah mengerjakan proyek lainnya yang mungkin dianggap lebih ‘mulia’, yakni pembangunan Masjid Istiqlal, masjid yang kini menjadi Masjid terbesar se-Asia Tenggara. Dihadapkan pada pilihan sulit, akhirnya Sukarno lebih memilih merampungkan proyek Tugu Monas daripada rumah Allah tadi. Uniknya, kedua proyek besar tersebut selesai saat Presiden Sukarno sudah tidak berkuasa lagi pasca pemberontakan G 30 S PKI.