Sejarah Rumah Misterius Di Bangkok Thailan

Sejarah Rumah Misterius Di Bangkok Thailan

Portal Berita – Jika berkunjung ke Bangkok, sempatkan waktu untuk berkunjung ke Jim Thompson House & Museum. Di rumah bergaya khas Thailand ini, Anda akan menemukan banyak benda antik peninggalan Jim Thompson sekaligus kisah misteriusnya.

Nama Jim Thompson sendiri kini dikenal sebagai toko kerajinan yang banyak terbesar di Bangkok dan beberapa daerah wisata di Thailand. Dengan berkunjung ke Jim Thompson House & Museum, wisatawan akan diajak berkeliling rumah, mengenal sejarah Jim Thompson, serta melihat langsung barang-barang antik peninggalannya.

Jim Thompson adalah seorang saudagar yang dahulu mahsyur di Thailand. detikTravel bersama rombongan undangan dari Tourism Authority of Thailand (TAT), beberapa waktu lalu sempat mampir ke rumah dan museum yang berlokasi di 6 Soi Kasemsan 2, Rama 1 Road, Bangkok ini.

Setelah membeli tiket, wisatawan akan disambut dengan para penenun ulat sutra yang tengah memperagakan bagaimana menghasilkan benang sutra yang terkenal mahal. Juga ada seorang penari tradisional Thailand yang menari dengan gemulai dan senyum manisnya.

Masuk lebih dalam, setiap wisatawan akan diberi jadwal untuk dapat berkeliling di kediaman utama. Tidak sembarang orang diizinkan masuk tanpa didampingi seorang pemandu, terlebih banyak barang-barang antik yang tersimpan di dalamnya. Ada beberapa pilihan bahasa yang ditawarkan pemandu, antara lain Bahasa Thailand, Inggris, Jepang, dan Mandarin.

“Di dalam rumah dilarang mengambil gambar dan menyentuh benda-benda tertentu,” jelas pemandu kami dalam bahasa Inggris.

Sang pemandu mengajak kami berkeliling, mulai dari bagian luar hingga ruang utama dan kamar tidur Thompson. Thompson tampaknya benar-benar penyuka barang antik. Di enam bangunan rumah dengan struktur kayu jati ini terdapat barang antik dari berbagai negara.

Beberapa di antaranya seperti keramik dan guci antik dari China, beberapa patung Buddha, lukisan serta pahatan unik. Tak ketinggalan, juga ada mesin tenun tua dan kepompong ulat sutra yang telah mengering.

Jim Thompson adalah orang Amerika yang lahir di Greenville, Delaware, pada tahun 1906. Dia seorang arsitek yang berlatih di New York City, sebelum akhirnya menjadi sukarelawan di Angkatan Darat Amerika Serikat yang mengirimnya ke Asia.