Resiko Serangan Jantung Bisa Menigkat Akibat Suara Bising

Resiko Serangan Jantung Bisa Menigkat Akibat Suara Bising

Portal Berita – Suara bising laju kendaraan, belum lagi sirine ambulans atau mobil polisi yang lewat hingga pembangunan gedung, bisa menjadi penyebab timbulnya stres.
Bukan hanya dari luar ruangan, suara-suara yang muncul dari rumah yang kita tinggali sehari-hari pun berpotensi menimbulkan stres.

Penyebabnya tak lain, datang dari perangkat rumah tangga yang digunakan sehari-hari. Mulai dari mesin pengocok adonan kue hingga mesin cuci yang kerap memberikan suara bising dan mengganggu.

Sebuah penelitian baru menunjukkan, jika suara-suara yang datang dari penggunaan alat rumah tangga elektronik bisa membuat penghuninya stres. Satu dari lima orang yang dilaporkan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.

Beberapa peralatan rumah tangga yang suara bisingnya paling mengganggu justru merupakan yang paling penting digunakan untuk mengurus rumah. Beberapa di antaranya adalah mesin cuci, penyedot debu, dan penyaring udara.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO, 40 persen populasi di Eropa terpapar suara berisik dengan level di atas 55dB. Artinya, rumah sama bisingnya dengan kantor yang sibuk.

Mesin cuci saja, rata-rata mengeluarkan level suara hingga 70dB, kulkas 50dB, dan pemroses makanan seperti mixer atau blender mencapai 90dB. Risikonya bukan hanya skeadar stres, menurut WHO, suara berisik ini bisa mengganggu tidur, meningkatkan tekanan darah, bahkan menaikkan risiko penyakit jantung.