Ragam Manfaat Kecantikan Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Bahan Alami Licorice

Ragam Manfaat Kecantikan Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Bahan Alami Licorice

Portal Berita – Saat ini sudah banyak produk kosmetik yang menjadikan bahan alami sebagai komposisi utamanya. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para beauty enthusiast. Pasalnya, produk-produk dengan bahan alami diketahui lebih aman bagi kulit sekaligus cenderung minim menimbulkan efek samping. Berbagai penelitian pun terus dikembangkan untuk menemukan fungsi dan manfaat baru dari berbagai bahan alami yang ada. Nah, salah satu bahan alami yang cukup sering dijadikan sebagai bahan baku dalam dalam industri kecantikan adalah licorice. Lantas, apa saja manfaat yang ditawarkan oleh licorice?

Ragam Kandungan yang Terdapat pada Licorice

Di Indonesia, licorice lebih akrab disebut sebagai akar manis. Jenis tumbuhan ini sebenarnya merupakan akar dari tanaman yang bernama Glycyrrhiza glabra yang berasal dari benua Eropa. Ekstarak licorice sendiri sudah dijadikan sebagai salah satu bahan herbal dalam Ayurveda (Ayurvedic) yang memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit oleh masyarakat Asia Selatan, khususnya Cina. Hingga saat ini, masih banyak brand kecantikan yang menjadikan akar manis sebagai salah satu key ingredients-nya. Berbagai sumber menyebutkan bahwa licorice memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Selain kaya akan flavonoid, licorice juga mengandung vitamin B1, B3, B5, serta vitamin E yang kaya anti-oksidan. Tak hanya itu saja, licorice juga memiliki kandungan mineral penting yang diperlukan tubuh, seperti fosfor, kalsium, zat besi, kolin, magnesium, kalium, selenium,serta seng. Seolah belum lengkao, licorice juga menyimpan beberapa senyawa lainnya, antara lain glycyrrhizin, beta-karoten, glabridin, timol, isoliquiritigenin, fenol, asam ferulat serta quercitin.

Manfaat Licorice untuk Kulit

Dikutip dari situs dr.Wang Herbal Skin Care, licorice memiliki beberapa manfaat penting untuk kulit, membantu masalah hiperpigmentasi serta mencerahkan kulit berkat kandungan glabridin yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase di dalam sel melanosit yang membentuk melanin. Ekstrak licorice juga bermanfaat sebagai pelindung alami kulit dari efek buruk sinar UV berkat kandungan anti-oksidannya. Dan karena mengandung zat-zat anti-inflamasi, seperti flavonoid dan glycyrrhizin, maka ekstrak licorice juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat hingga kemerahan pada kulit. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya juga menjadikan licorice mampu melembapkan kulit. Menariknya lagi, bahan alami ini juga bermanfaat untuk merawat jenis kulit berminyak karena kandungan licochalcone-nya efektif untuk mengontrol produksi minyak pada kulit. Lengkap sekali, bukan?

Manfaat Licorice untuk Rambut

Tak hanya memiliki banyak manfaat untuk kulit, sejak zaman Mesir kuno, ekstrak licorice juga telah digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Kandungan-kandungan yang menjadi sumber anti-inflamasi pada ekstrak licorice juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala. Anda yang kerap mengalami kerontokan rambut pun dapat mengandalkan produk berkandungan licorice untuk mencegah terjadinya kebotakan dini, lho!