Presiden Minta Keluarga Dari Mancanegara Untuk Kembali

Presiden Minta Keluarga Dari Mancanegara Untuk Kembali

Portal Berita – Presiden SBY berterimakasih atas partisipasi para peserta Sail Komodo 2013 yang datang dari mancanegara. Presiden berharap peserta dapat menikmati keindahan alam, tradisi, dan budaya yang khas dan unik di daerah ini.

“Bila saudara kembali ke negeri masing-masing, sampaikan salam dan undangan saya kepada keluarga masing-masing, untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo sebagai tujuan wisata bahari berkelas dunia,” ujar Presiden SBY dalam sambutannya, di Pantai Pede, Labuan Bajo, NTT.

Presiden SBY juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para remaja dan generasi muda yang ikut serta dalam ekspedisi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, serta olahraga bahari.

“Jadikan pengalaman berharga ini untuk memantapkan karakter, wawasan kebangsaan dan jiwa bahari yang tentu akan sangat berguna bagi masa depan kalian semua,” harapnya.

Acara didahului dengan Sailing Pass 21 kapal perang KRI, 7 kapal pemerintah dan yacht rally dari 17 negara serta parade 5 kapal besar. Acara pembukaan juga dimeriahkan atraksi terjun payung 54 penerjun serta heli water jump.

Negara yang mengikuti acara ini diantaranya Malaysia, Australia, Belanda, Thailand, Philipina, AS dan sebagainya.

Kegiatan rally yacht melibatkan tiga operator yacth yaitu Sail Indonesia, Back to Down Under Rally dan Darwin Ambon Yacth Race. Ketiga operator reli kapal layar mengerahkan yacther dari berbagai negara dengan rute masing-masing, flag offnya yang telah dilaksanakan di Kupang, NTT pada 4 Agustus 2013. Adapun para peserta Sail Komodo telah menyelesaikan pelayaran dari Darwin menuju Kupang, NTT.

Para peserta dibagi dua jalur yakni jalur utara meliputi Kupang-Wini di Timor Tengah Utara-Atapupu di Kabupaten Belu menuju Kalabahi, Kabupaten Alor, Lewoleba-Lembata, Larantuka di Flores Timur, Maumere Kabupaten Sikka dan berakhir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Sedangkan jalur selatan melintasi Ba’a di Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba dan berakhir di Labuan Bajo.