Bagaimanakah Barcelona Setelah Eranya Messi Berakhir?

Bagaimanakah Barcelona Setelah Eranya Messi Berakhir?

Portal Berita – Kubu klub Real Madrid kini masih kesulitan pasca hengkangnya Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim panas lalu. Hal sama bisa saja terjadi kepada Barcelona jika saja ditinggalkan oleh Lionel Messi.

Ronaldo membuat keputusan hengkang dari Madrid dan bergabung bersama Juventus. Pada awalnya Madrid nampak mulus saja setelah memenangkan lima lawan dari enam laga awal di semua ajang kompetisi bersama pelatih Julen Lopetegui.

Akan tetapi sejak akhir bulan September Madrid tersandung. Los Blancos hanya satu kali meraih kemenangan dan enam kali menelan kekalahan dari tujuh laga selanjutnya.

Penampilan Madrid mulai bisa membaik setelah ditangani oleh Santiago Solari. Meskipun tidak bisa dipungkiri kalau Madrid tidak setajam pada saat masih diperkuat oleh Ronaldo.

Xavi pada awalnya memperkirakan kalau hengkangnya Ronaldo akan meningkatkan petajaman Madrid secara kolektif. Akan tetapi ternyata Madrid memang betuk merasakan dampak setelah tidak adanya Ronaldo setidaknya sejak awal musim ini.

Xavi mengungkapkan bahwa saya sangat terkejut sekali. Saya berfikiran Real Madrid tanpa adanya Ronaldo akan bermain lebih kolektif sebagai tim. Dia memang memberikan penawaran banyak sisi individual, seperti sebanyak 50 gol yang dia lesakkan namun Madrid bermain begitu apik tanpa adanya dia.