Keputusan Jokowi Batal Lantik Komjen Bambang Gunawan Solusi Kisruh KPK-Polri

Keputusan Jokowi Batal Lantik Komjen Bambang Gunawan Solusi Kisruh KPK-Polri

Portal Berita – Keputusan yang diambil Presiden Jokowi dinilai oleh ketua umum GP Ansor Nusron sebagai bentuk penyelamatan KPK terkait dengan calon kapolri. Hal ini sudah bersasarkan pertimbangan yang matang dan harus diterima oleh semua pihak demi kepentingan bangsa.

Nusron berpendapat bahwa keputusan yang diambil Jokowi merupakan keputusan terbaik yang juga memberikan hal positif pada semua pihak agar lebih baik lagi dalam berkomunikasi dalam lingkup lembaga. Dan yang terpenting bahwa instasi hukum ini bertugas memberikan kepastian hukum juga.

Semua lembaga yang bertugas menegakkan hukum yang harus diselamatkan ini adalah landasan mengapa Jokowi mengambil keputusan tersebut. Secara kelembagaan KPK selamat dan polri juga merasa aman dan dihormati. Warga Indonesia juga diharapkan puas, nyaman, dan tidak ada kriminalitas lagi dengan apa yang sudah diputuskan oleh Presiden Jokowi.

Pembatalan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan dan penetapan Komjen Pol Badrodin Haiti menjadi calon kapolri tunggal yang dilakukan oleh Presiden ini diajukan untuk mendapatkan persetujuan dari DPR. Presiden Jokowi juga memberhentikan untuk sementara Bambang Widjojanto dan Abraham Samsad sebagai pimpinan KPK dan menunjuk Johan Budi SP, Taufiequrrahman Ruki, dan Indriyanto Seno Adji sebagai Plt pimpinan KPK.