Pilgub Jatim Yang Dimenangkan Soekarwo Dipertanyakan

Pilgub Jatim Yang Dimenangkan Soekarwo Dipertanyakan

Portal Berita – Akil Mochtar melalui pengacaranya mengungkapkan bahwa pada saat Pilgub Jatim di beberapap waktu lalu ternyata di menangkan oleh pasangan dari Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja. akan tetapi kenyataannya saat ini setelah mendapatkan keputusan dari MK, pasangan yang menang di Pilgub Jatim adalah Soekarwo dan Saifullah Yusuf.

Dengan pernyataan ini, Gubernur jawa Timur Soekarwo tidak mau menanggapi dengan serius.

“Keputusan MK itu kan sudah final. Bagaimana saya menjawabnya? Wong keputusan sudah final,” kata Soekarwo.

Informasi mengejutkan itu diungkap Otto Hasibuan selaku pengacara Akil. “Sudah klarifikasi kepada Pak Akil, jadi saat itu keputusan MK itu sebenarnya sudah ada tujuh hari sebelum putusan, dan itu Pak Akil menegaskan bahwa Bu Khofifah yang sudah menang. Ini tiba-tiba itu kan gubernur incumbent yang menang,” ujar Otto Hasibuan, pengacara Akil.

Dalam perkara gugatan itu, Akil diketahui merupakan ketua panel hakim yang menanganinya. Menurut Otto, Akil meminta dirinya untuk menyurati MK meminta klarifikasi, kenapa putusan tersebut bisa berubah paska Akil ditangkap. Akil ditangkap beberapa hari sebelum sidang putusan itu digelar.

“kok bisa begini?, putusan sudah ada sejak tujuh hari sebelum di bacakan. tapi setelah ada penamgkapan pak Akil tiba tiba pihak sana yang menang. kita harus mempertanyakan ke Mahkamah Konstitusi.” kata Otto.