Pesta Demokrasi 2019 Nanti Akan Ditentukan Di Pemilu 2014 Ini

Pesta Demokrasi 2019 Nanti Akan Ditentukan Di Pemilu 2014 Ini

Portal Berita – Jusuf Kalla, Mantan Ketua Umum Partai Golkar menilai Pemilu 2014 sebagai pemilu yang sangat penting. karena pemilu tahun ini juga menentukan Pemilu 2019.

Kondisi ini terkait keputusan Mahkamah Konstitusi MK, yang di hari Kamis lalu 23 Januari telah memutuskan bahwa pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan serentak. Namun, keputusan ini baru berlaku di Pemilu 2019.

Dan pada pemilu 2019 nanti sudah tak ada lagi presidential threshold sehingga capres-capres yang akan maju pun akan ditentukan pada perolehan kursi di pemilu 2014.

Seperti diketahui, Kamis lalu MK mengabulkan sebagian permohonan uji materi yang diajukan oleh pakar komunikasi politik Universitas Indonesia (UI) Effendi Gazali. Dalam putusannya, MK menyatakan Pasal 3 ayat (5), Pasal 12 ayat (1) dan ayat (2), Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 112 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden bertentangan dengan UUD 1945, dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

MK menyatakan penyelenggaraan Pilpres harus dikaitkan dengan rancang bangun sistem pemerintahan menurut UUD 1945, yaitu sistem pemerintahan presidensial.

“Pelaksanaan Pilpres setelah Pemilu Anggota Lembaga Perwakilan tidak memberi penguatan atas sistem pemerintahan yang dikehendaki oleh konstitusi,” ujar Ahmad Fadlil Sumadi, Hakim Konstitusi.

Menurut MK telah terdapat gambaran visioner mengenai mekanisme penyelenggaraan Pilpres yang diselenggarakan secara bersamaan dengan Pemilu Anggota Lembaga Perwakilan.