Perbedaan Makeup Waterproof Dan Water-Resistant

Perbedaan Makeup Waterproof Dan Water-Resistant

Portal Berita – Ada kalanya Anda membutuhkan produk kecantikan yang tahan lama dan tidak mudah luntur, seperti saat harus menghadiri acara penting, beraktivitas di luar ruangan dan melawan cuaca panas maupun keringat. Dalam dunia kecantikan, ada produk khusus yang menawarkan klaim tahan terhadap air dan keringat dengan istilah makeup waterproof.

Namun, ada juga istilah lain yang disebut dengan makeup water-resistant. Keduanya sebenarnya menawarkan klaim yang sama yakni menghasilkan riasan wajah yang tahan lama dan awet meski dipakai untuk beraktivitas di luar ruangan. Lalu, apa perbedaan antara dua jenis formula ini dan bagaimana memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kulit Anda? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Perbedaan makeup waterproof dan water-resistant

Meski keduanya menawarkan klaim yang sama, yaitu menghasilkan makeup yang tahan lama meski terkena air atau keringat, ternyata makeup waterproof dan water-resistant memiliki perbedaan, baik dari sisi ketahanan, kandungan dan formula yang digunakan. Nah, sebelum bisa memilih produk yang tepat untuk dipakai, ada baiknya untuk membahas terlebih dahulu mengenai perbedaan keduanya.

Makeup waterproof adalah makeup yang bisa bertahan meski digunakan untuk aktivitas di air dan sama sekali tidak akan luntur. Sedangkan untuk makeup yang menawarkan klaim water-resistant memiliki kandungan dan formula yang lebih ringan sehingga akan lebih mudah dihapus. Selain itu, dalam kondisi tertentu misalnya terkena air dan tergosok, makeup dengan formula water resistant akan bisa hilang dan masih membutuhkan touch-up.

Karenanya bila Anda harus menghadiri acara penting atau akan berlibur ke pantai maupun waterpark, Anda bisa mengandalkan makeup yang menawarkan klaim waterproof. Sedangkan untuk pemakaian sehari-hari, Anda tidak perlu menggunakan makeup waterproof karena kandungan di dalamnya tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari dan menggunakan makeup water-resistant sebagai alternatifnya.

2. Kandungan dalam makeup waterproof

Berdasarkan ketahanannya, makeup waterproof bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan makeup yang water resistant karena Anda harus menggunakan makeup remover untuk menghapus atau menghilangkannya. Makeup waterproof dibuat menggunakan beberapa kandungan yang dikenal dapat membantu agar makeup bisa lebih tahan lama dan tidak luntur bila terkena air atau keringat.

Kandungan yang pada umumnya ada pada kosmetik yang waterproof adalah dimethicone, yang merupakan salah satu bentuk dari silikon. Dimethicone dalam produk kecantikan membantu membuat wajah menjadi lebih halus karena dapat mengisi pori-pori sehingga tampilan makeup akan lebih flawless.

Namun, masih banyak orang menganggap bahwa kandungan dimethicone dalam sebuah produk kecantikan dapat memberikan efek negatif karena membuat kotoran ikut tersumbat di dalam pori-pori yang kerap berujung pada jerawat. Hal ini lantas menjadi kontroversi apakah dimethicone aman untuk digunakan, serta harus dihindari khususnya bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, acne-prone dan juga pori-pori besar. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, karena belum ada bukti penelitian secara rinci mengenai efek buruk (dimethicone) silikon dalam produk makeup, meski pada sebagian orang kandungan silikon pada makeup bisa memberi pengaruh pada timbulnya jerawat. Yang terpenting, apapun kandungan dalam sebuah produk, ada baiknya untuk menggunakan dengan cara yang tepat dan pastikan kadarnya masih dalam batas aman.