Perbedaaan Komedo Blackheads Dan Whiteheads

Perbedaaan Komedo Blackheads Dan Whiteheads

Portal Berita – Nama komedo sudah tidak terdengar asing lagi bagi kalian para wanita. Perlu kalian ketahui bahwa ada 2 jenis komedo yakni komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads. Nah, apasih perbedaan komedo hitam dan putih? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Komedo Hitam (Blackheads)

Komedo biasa terbentuk karena adanya minyak berlebih, sel kulit mati, hingga kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori. Penumpukan ini terjadi di permukaan pori-pori yang terbuka. Karena lubang pori-pori yang besar dan masih terkena udara, kotoran ini kemudian teroksidasi. Proses oksidasi ini yang menyebabkan campuran minyak + sel kulit mati + kotoran ini menjadi kehitaman.

2. Komedo Putih (Whiteheads)

Lain lagi dengan komedo putih. Proses terbentuknya sama dengan yang berwarna hitam, namun yang menjadikannya berbeda adalah besar pori-porinya. Pada komedo putih, minyak berlebih dan sel kulit mati masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Karena lubang pori-porinya terlalu kecil, maka campuran minyak dan sel kulit mati ini tersumbat di dalam dan tidak teroksidasi. Karena itulah, jika dipencet, komedo jenis ini memiliki warna putih yang sering orang bilang sebagai "lemak”. Padahal sih, bukan ya..

3. Cara Mengatasi Komedo

Apapun komedo yang ada di hidung Anda, usahakan untuk tidak ‘gatal’ memencetnya. Memang sih bikin puas, namun isinya ternyata tidak terangkat semua dengan cara ini. Justru, jika Anda doyan memencetnya, pori-pori Anda bisa bertambah besar. Nah lho! Untuk mengatasinya, coba simak alasan komedo ini terbentuk: pori-pori yang tersumbat. Mengatasi komedo hitam dan putih sebenarnya hampir sama. Anda perlu pembersih wajah yang mampu mengangkat kelebihan minyak dan mengikis sel kulit mati. Coba pilih pembersih dengan kandungan salicylic acid atau glycolic acid. Kedua bahan aktif ini mampu ‘menembus’ minyak dan bisa membantu membersihkan hingga ke dalam pori-pori.