Penyebab Jerawat Ketika Penerbangan Jauh

Penyebab Jerawat Ketika Penerbangan Jauh

Portal Berita – Menggunakan sheet mask selama penerbangan jauh menjadi salah satu ritual perawatan wajah yang disarankan oleh banyak orang. Hal ini dimaksudkan agar kulit tetap terjaga kelembapannya mengingat tekanan udara rendah pada ketinggian puluhan ribu kaki menyebabkan kulit dehidrasi.

Mengutip ucapan dari seorang dokter kesehatan sekaligus managing director di Dr Tatiana Aesthetic Clincs dari laman Pop Sugar bernama Dr Tatiana Lapa, tekanan udara yang rendah bekerja seperti vacuum yang menyedot kelembapan dari kulit. “Dengan sirkulasi udara di dalam kabin yang terus menerus diputar, kulit mengalami risiko dehidrasi sekaligus jerawatan lebih tinggi,” ujar Tatiana.

Maka dari itu, banyak yang menyarankan agar kita menjaga kelembapan tubuh dan kulit dengan mengonsumsi banyak cairan dan juga menggunakan pelembap, salah satu yang cukup praktis yaitu sheet mask. Meskipun memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, namun ternyata penggunaan sheet mask selama penerbangan jauh justru bisa menjadi tidak higienis. Bukannya melembapkan kulit, malah akan membuat kulit Anda berjerawat, lho!

Untuk itu, sebelum memakai sheet mask Anda perlu memperhatikan kebersihan tangan. Jika Anda belum tahu, sabuk pengaman, sandaran kursi, hingga meja lipat pesawat merupakan sarang bakteri. Jika Anda tidak membersihkan tangan terlebih dulu sebelum menggunakan sheet mask, bakteri yang ada di tangan langsung menempel ke sheet mask sehingga menimbulkan masalah di kulit berupa jerawat.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan saat memakai sheet mask adalah waktu penggunaannya. Sebaiknya gunakan sheet mask 15-20 menit sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasannya. Menggunakan sheet mask terlalu lama akan membuat risiko munculnya jerawat lebih besar. Bukannya melembapkan kulit, sheet mask yang Anda biarkan mengering justru akan menarik kelembapan dari dalam kulit.

Selain penggunaan sheet mask, Anda juga bisa menggunakan produk alternatif lain untuk mempertahankan kelembapan kulit Anda, misalnya soothing cream atau juga pelembap yang biasa Anda gunakan dengan syarat tangan Anda harus benar-benar bersih sebelum mengaplikasikannya.