Penyakit Tuberkolosis Juga Bisa Menyerang Bagian Tubuh Lainnya

Penyakit Tuberkolosis Juga Bisa Menyerang Bagian Tubuh Lainnya

Portal Berita – Penyakit tuberkulosis seringkali dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang paru-paru. Ini karena gejalanya yang berupa batuk dan seringkali disertai dengan nyeri dada. Padahal, TB merupakan penyakit multisistem yang bisa menyerang hampir seluruh bagian tubuh.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Arifin Nawas, mengungkapkan bahwa bagian tubuh yang tidak dapat terjangkit virus TB, hanyalah rambut dan gigi. Artinya, seluruh bagian tubuh lainnya berisiko terserang TB, termasuk saluran reproduksi.

“Jika TB menyerang saluran tuba, akibatnya indung telur akan tersumbat dan menyebabkan kemandulan,” ujarnya.

Bukan hanya menyumbat, saluran tuba bahkan bisa tertutup sama sekali jika terserang virus TB. Sayangnya, gejala TB pada bagian tubuh lain selain paru-paru tidak cukup spesifik. Terutama gejala TB yang menyerang saluran tuba. Karena itu, ada baiknya melakukan tes laboratorium lebih lanjut ketika merasakan hal-hal tak biasa yang terjadi pada sistem reproduksi.

Meski demikian, dr. Arifin mengatakan bahwa infeksi TB biasanya memberikan ciri yang cukup spesifik. Salah satunya adalah adanya benjolan pada bagian yang terinfeksi.

“Kalau merasa ada benjolan di bagian alat reproduksinya, lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis,” katanya.