Panwaslu Hentikan Kampanye Caleg Partai Gerindra

Panwaslu Hentikan Kampanye Caleg Partai Gerindra

Portal Berita – Berbagai cara dilakukan para calon anggota legislatif (caleg) untuk mendapatkan perhatian dan dukungan dari pemilih.

Di Binjai, Sumatera Utara, caleg DPRD Kota Binjai dari Partai Gerindra, Julianti, menggelar kampanye tertutup, namun dibarengi dengan pemberian hadiah atau lucky draw kepada masyarakat yang hadir.

Anggota Panwaslu Binjai Utara, Suka Damai Gea, Senin 24 Maret 2014, mengatakan dari surat pemberitahuan yang diterima pihaknya, acara caleg Gerindra itu hanya melakukan sosialisasi cara pencoblosan.

Kata Gea, laporan yang disampaikan Gerindra ke pihaknya tidak menyertakan acara bagi-bagi hadiah.

Acara ini pun langsung dihentikan oleh petugas Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Binjai Utara. Panwas menilai, acara bagi-bagi hadiah telah menyalahi aturan. Seperti, pemberian barang atau uang dan membawa serta anak-anak dalam kampanye.

Ketua Partai Gerindra Kota Binjai, Supriadi, mengatakan dengan adanya larangan dari Panwaslu, maka acara kuis dan bagi-bagi hadiah dihentikan. Sementara, acara sosialisasi tetap dilanjutkan.

Setelah penghentian acara bagi-bagi hadiah, sosialisasi tetap dilanjutkan dengan cara memberikan pengetahuan kepada pemilih terkait surat suara sah dan tidak sah.

Gerindra mengimbau para pemilih agar memberikan hak suaranya kepada Julianti yang merupakan caleg DPRD Kota Binjai, Yan Syahrini, caleg DPRD Tingkat Satu, dan Martin Hutabarat, caleg DPR dari Partai Gerindra.

Pihak Panwaslu Binjai Utara akan memberikan surat peringatan kepada Partai Gerindra Kota Binjai terkait pelanggaran kampanye yang dilakukan hari ini.