Manfaat Tidak Mencuci Wajah Dengan Sabun Di Pagi Hari

Manfaat Tidak Mencuci Wajah Dengan Sabun Di Pagi Hari

Portal Berita – Mencuci wajah setiap pagi merupakan rutinitas lazim yang dilakukan oleh para wanita. Selain dapat memberikan sensasi segar di kulit, kegiatan tersebut juga dipercaya dapat membersihkan segala kotoran, terutama minyak yang biasanya muncul saat Anda baru bangun tidur. Bagi sebagian wanita, rutinitas mencuci wajah tentu saja akan terasa jauh lebih bersih jika menggunakan facial wash atau jenis sabun lainnya. Meski demikian, tidak semua wanita berpendapat demikian. Ada juga yang menghindari penggunaan sabun di pagi hari dengan hanya mengandalkan air saja. Setelah diselidiki, ternyata mencuci wajah di pagi hari hanya dengan air menyimpan banyak manfaat, lho! Mengapa demikian?

Sabun dapat Menghilangkan Minyak Alami yang Diproduksi oleh Kulit

Menurut Arleen Lamba, M.D, pendiri Blush Med Skincare di Maryland, Amerika Serikat, tubuh manusia bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang ada di dalamnya saat tidur. Perbaikan sel-sel ini juga termasuk kulit Anda, dengan cara memproduksi minyak alami untuk menyeimbangkan kesehatan kulit, terutama di area wajah. Minyak yang Anda temukan di wajah ketika bangun di pagi hari sejatinya bukanlah hal buruk yang perlu diatasi, melainkan tanda bahwa tubuh masih bekerja dengan baik untuk memperbaiki kulit secara alami. Jika Anda membersihkan wajah di pagi hari dengan bahan kimia, seperti sabun atau produk eksfoliasi lainnya, hal tersebut hanya akan menghilangkan kelembapan yang dihasilkan oleh minyak alami yang diproduksi oleh kulit tersebut.

Bagi Anda dengan tipe kulit berminyak, membasuh wajah hanya dengan air saja justru sangat disarankan di pagi hari. Hal ini dikarenakan sabun pada umumnya, terutama foaming cleanser, mengandung Sodium Lauryl Sulfate yang dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Terlalu sering membersihkan atau mencuci muka rupanya juga bisa menjadi salah satu pemicu produksi minyak yang berlebih, jerawat, bahkan kulit iritasi dan kemerahan. Sebum sendiri berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan menjaga kadar kelembapan kulit. Jika Anda terlalu sering mencuci wajah, kulit pun secara otomatis akan memproduksi lebih banyak sebum sebagai bentuk pertahanan agar tetap lembap. Oleh karena itu, jangan heran jika kulit wajah Anda nantinya akan menjadi jauh lebih berminyak dari sebelumnya.

Bersihkan Wajah Secara Maksimal pada Malam Hari

Sebagai gantinya, Anda perlu fokus dengan perawatan kulit yang baik di malam hari, terutama sebelum tidur. Diawali dengan membersihkan wajah dengan produk pembersih guna mengangkat segala kotoran, debu, polusi, dan minyak yang menempel di kulit setelah seharian beraktivitas. Kemudian, lanjutkan dengan skin care routine lainnya, seperti penggunaan pelembap dan juga serum.

Basuh Wajah Menggunakan Air Hangat

Saat membasuh wajah di pagi hari, Anda lebih disarankan menggunakan air hangat daripada air keran. Air hangat diketahui dapat menenangkan sekaligus menghaluskan kulit wajah Anda. Sedangkan air keran, cenderung mengandung banyak mineral, seperti klorin dan magnesium, yang dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, segera aplikasikan pelembap atau thermal water yang biasa Anda gunakan di pagi hari.

Perlu Anda ingat, menghindari mencuci wajah di pagi hari ini tetap harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Jika Anda memiliki kulit acne prone atau sangat berminyak, Anda tetap bisa mencuci wajah dengan sabun, hanya saja pilihlah sabun dengan jenis gentle cleanser agar dapat membantu mengurangi minyak serta membunuh bakteri pada kulit wajah.