Manfaat Bunga Dandelion Dalam Bidang Kecantikan

Manfaat Bunga Dandelion Dalam Bidang Kecantikan

Portal Berita – Di beberapa wilayah Indonesia, sebagian masyarakatnya mungkin lebih mengenal bunga dandelion dengan nama bunga randa tapak. Dandelion sendiri pertama kali ditemukan di wilayah Eropa dan Amerika bagian Utara. Namanya diambil dari Bahasa Prancis, yang memiliki arti gigi singa. Sejak zaman dahulu, banyak masyarakat Eropa telah menjadikan bunga ini sebagai bahan pengobatan herbal berkat vitamin A, D, E, C, B kompleks, serta beberapa zat bermanfaat lain yang terkandung di dalamnya. Selain untuk pengobatan, bunga yang juga kaya akan kandungan mineral ini ternyata pun menyimpan banyak manfaat kecantikan. Apa saja, ya?

1. Merangsang produksi kolagen

Dilansir dari situs The Best Organic Skin Care, dandelion merupakan bunga yang kaya akan kandungan anti-oksdian. Bunga ini memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen pada kulit berkat kandungan Vitamin C dan E yang dimilikinya. Selain itu, kandungan ini juga diketahui sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas yang mengakibatkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

2. Menjaga kelembapan kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dandelion mengandung berbagai mineral yang menyimpan berbagai manfaat kecantikan, salah satunya untuk membantu memberikan hidrasi pada kulit. Jika Anda rutin menggunakan produk skin care berkandungan dandelion, jangan heran jika kulit akan senantia terjaga kelembapan dan hidrasinya. Selain itu, beberapa kandungan mineral yang ada dalam bunga ini juga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan tisu kulit, lho.

3. Mencegah infeksi pada kulit

Selain kaya akan kandungan mineral dan vitamin, dandelion juga mengandung polifenol yang bersifat sebagai anti-inflamasi. Nah, rupanya zat inilah yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi kulit. Tak hanya itu saja, menurut situs The Best Organic Skin Care, bunga ini juga memiliki zat antibakteri untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi mikroba atau jamur.

4. Mengurangi pertumbuhan jerawat

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah meningkatnya jumlah racun di dalam tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Maryland, meminum teh bunga dandelion dapat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, dandelion memiliki kandungan Fitronutrien yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan tumpukan racun melalui sistem pencernaan.

5. Mengatasi masalah kekusaman

Kandungan Fitronutrien dalam bunga dandelion tak hanya sekadar bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi kulit dan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk melenyapkan sel-sel kulit mati. Selain itu, menurut sebuah penelitian, ekstrak dandelion juga bisa membantu untuk meregenerasi sel kulit dan menyamarkan noda hitam pada wajah, lho! Dengan begitu, kulit pun akan terbebas dari masalah kekusaman.
Mengingat begitu banyaknya manfaat kecantikan yang ditawarkan, apakah Anda tertarik untuk melakukan perawatan kulit dengan bunga yang satu ini?