Manfaat Aprikot Untuk Kulit Mulai Dari Komedo Hingga Penuaan Dini

Manfaat Aprikot Untuk Kulit Mulai Dari Komedo Hingga Penuaan Dini

Portal Berita – Buah-buahan adalah bahan alami yang kaya akan vitamin dan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu buah yang kerap menjadi kandungan utama pada produk skin care adalah aprikot. Buah berwarna oranye dengan rasa yang manis ini ternyata juga telah banyak digunakan sebagai key ingredient dalam beragam produk skin care karena memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja manfaat dari buah aprikot untuk kulit? Yuk, langsung simak penjelasannya satu-persatu.

1. Melembapkan Kulit

Selain produksi minyak berlebih, kondisi kekeringan juga menjadi masalah yang cukup banyak dialami wanita Indonesia. Jika saat ini Anda tengah mengalaminya, rutin mengenakan pelembap menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Selain itu, melakukan perawatan kulit dengan produk berbahan aprikot juga bisa menjadi alternatif lainnya. Buah aprikot diketahui kaya akan kandungan asam lemak dan vitamin A yang baik untuk melembapkan kulit yang kering dan menjadikannya tampak sehat.

2. Menghilangkan Komedo dan Jerawat

Minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah adalah penyebab munculnya komedo dan jerawat. Karena buah aprikot masih sangat sulit ditemukan di pasaran, sebagai alternatifnya Anda bisa memilih skin care dengan kandungan apricot seed. Biji buah aprikot dalam produk skin care, seperti face scrub atau peeling cream dapat membantu membersihkan minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

3. Mencegah Penuaan Dini

Buah aprikot kaya akan kandungan anti-oksidan yang mampu memberikan perlindungan untuk kulit terhadap radikal bebas dan paparan sinar matahari yang menjadi penyebab utama munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Sumber anti-oksidan dari buah aprikot berasal dari vitamin A, C, serta flavonoid yang dapat menutrisi serta meremajakan kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin E dalam aprikot juga membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.

4. Mencerahkan Wajah

Selain menjaga menghambat tanda penuaan dini dan meremajakan kulit, kandungan vitamin C dari buah aprikot dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat, flek hitam, dan hiperpigmentasi. Menariknya algi, buah ini juga dipercaya mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori, mengangkat sel kulit mati, membantu proses regenerasi sel kulit, dan juga membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

5. Mengatasi Iritasi dan Masalah Kulit

Selain memiliki vitamin A dan C sebagai anti-oksidan, buah aprikot ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan iritasi dan masalah kulit lainnya, seperti sunburn, ezcema dan dermatitis. Buah aprikot memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa diandalkan untuk meredakan peradangan pada kulit, salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak aprikot yang dioleskan pada kulit yang bermasalah. Namun, sebelum menggunakannya pastikan Anda melakukan patch test terlebih dahulu untuk mencegah iritasi semakin parah, ya!