Ketahui Manfaat Kubis Untuk Kecantikan

Ketahui Manfaat Kubis Untuk Kecantikan

Portal Berita – Tahukah Anda, jika sayuran yang sering dijumpai pada sayur sop, lalapan, atau salad ini ternyata menyimpan banyak manfaat, baik untuk kulit maupun rambut? Kubis diketahui mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin E. Tak hanya sampai di situ, jenis sayuran yang betuknya berlapis ini juga mengandung beberapa jenis mineral, seperti, kalium, kalsium, natrium, fosfor, dan juga zat besi.

Dalam keadaan yang masih segar, kubis mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan glutation atau zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia. Dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang begitu banyak, kira-kira apa saja manfaat kecantikan apa saja yang ditawarkan oleh kubis? Simak artikel berikut untuk tahu jawabannya!

1. Menghaluskan Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kubis hijau mengandung vitamin A dan vitamin E yang dikenal baik untuk kulit. Gabungan dari kedua vitamin ini diketahui dapat menghaluskan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang mana dapat menjadikan tampilannya terlihat lebih sehat. Selain itu, vitamin E juga mengandung anti-oksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengukus beberapa lembar kubis hingga lunak. Setelah kubis mendingin, peras dengan menggunakan bantuan handuk kering hingga semua sari yang ada di dalam kubis membasahi handuk. Gunakan handuk tersebut untuk mengompres wajah. Diamkan semalaman, lalu bilas wajah esok harinya sampai bersih. Dengan melakukan ritual ini secara rutin, kulit pun akan tampak lebih halus.

2. Mengatasi Jerawat

Dikarenakan mengandung zat sulfur yang dikenal ampuh untuk mencegah dan mengatasi jerawat, maka Anda yang memiliki kulit acne prone pun bisa memanfaatkan kubis hijau untuk merawat kulit yang berjerawat. Caranya tidaklah sulit. Ambil beberapa lembar daun kubis yang telah dipotong kecil, lalu haluskan dengan bantuan blender. Setelahnya, tambahkan satu sendok makan perasan air lemon. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah secara rutin, paling tidak satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Cegah Kerontokan Sekaligus Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain bermanfaat merawat untuk kulit, kubis hijau juga bisa dijadikan sebagai perawatan alami untuk rambut. Kandungan vitamin A di dalamnya diketahui mampu merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan zat keratinnya dipercaya efektif untuk menguatkan akar rambut, sehingga masalah kerontokan pun dapat teratasi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu mencampurkan jus kubis dengan jus mentimun yang kaya akan silikon dan sulfur. Aduk merata, kemudian aplikasikan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala sebagai hair mask. Agar nutrisi ramuan tersebut dapat terserap secara optimal, jangan lupa memijat area kepala Anda secara lembut, ya. Lakukan hal ini secara rutin jika Anda menginginkan hasil yang maksimal.

4. Melawan Tanda Penuaan

Selain kubis hijau, ada pula kubis berwarna ungu yang tak kalah bermanfaat. Diketahui kaya akan anti-oksidan yang cukup tinggi, jenis sayuran ini baik untuk membantu mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini. Anti-oksidan sendiri dapat menjaga kulit tetap segar, kencang, elastis, serta mengurangi keriput dan flek hitam. Menariknya lagi, vitamin A yang terkandung dalam kubis ungu juga sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit.