Ketahui Beragam Manfaat Wortel Untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Ketahui Beragam Manfaat Wortel Untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Portal Berita – Sayuran yang identik sebagai makanan favorit para kelinci ini dikenal kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Selain mudah didapatkan dan harganya yang terjangkau, ternyata wortel juga memilki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit, lho. Makanan yang kaya akan beta karoten ini disebut memiliki kandungan penting lain yang dapat mengatasi beragam masalah kulit. Nah, untuk tahu masalah kulit apa saja yang bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi wortel, yuk coba simak penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

1. Kulit Wajah Kusam

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan saat rutin mengonsumsi wortel adalah tampilan kulit yang cerah dan bebas kusam. Hal ini terjadi karena wortel mengandung banyak vitamin C, serta anti-oksidan yang membuat kulit tampak cerah dan menjaga kulit dari paparan radikal bebas. Untuk bisa merasakan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi wortel atau menggunakannya sebagai masker. Caranya parut wortel secukupnya, campurkan dengan satu sendok madu hingga kedua bahan ini menyatu, lalu aplikasikan sebagai masker dan diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Kulit yang Menjadi Kering

Bagi Anda pemilik kulit kering dan terasa kasar, kini Anda bisa merasa lega, karena ada cara yang lebih terjangkau dan alami dalam mendapatkan kulit lembut dan lembap sepanjang hari. Anda cukup memanfaatkan buah wortel yang kaya beta karoten dan potasium. Dua kandungan kaya manfaat ini akan bantu mempercepat proses regenerasi kulit serta mengembalikan kekenyalan kulit wajah.

Untuk merasakan manfaat yang satu ini Anda bisa mencampurkan wortel yang sudah diparut dengan beberapa tetes coconut oil. Aplikasikan pada wajah dengan menghindari daerah mata dan mulut lalu diamkan selama 15 menit dan bilas. Tapi perlu diperhatikan juga, jika wajah Anda tergolong acne-prone atau mungkin alergi dengan coconut oil sebaiknya ganti dengan bahan alami lain seperti madu atau argan oil.

3. Kulit Berjerawat

Wortel diketahui mengandung berbagai nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, karotenoid, potassium, anti-jamur dan anti bakteri. Dengan berbagai kandungan tersebut wortel dapat mengontrol produksi minyak di wajah, dan mencegah kehadiran jerawat berkat sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dimilikinya.

Di samping mengonsumsi langsung, Anda juga bisa membuat masker wotel dengan mencampurkan parutan wortel dengan air perasan lemon sebanyak 1 sendok makan, atau Anda juga bisa mencampur wortel dengan putih telur. Aplikasikan pada wajah, diamkan 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

4. Kulit Terpapar Sinar Matahari

Beta-karoten yang ada pada wortel merupakan nutrisi yang baik untuk kulit yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kandungan ini disebut efektif dalam memperbaiki jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Selain melindungi, wortel juga dapat menyembuhkan kulit yang mengalami sunburn. Untuk memperoleh perlindungan dari sengatan sinar matahari Anda bisa rutin mengonsumsi jus wortel setiap hari.

5. Masalah Penuaan Dini

Penuaan pada wajah memang tak bisa dihindari, namun Anda bisa memperlambat terjadinya penuaan dengan menjaga asupan makan dan melakukan perawatan. Jika menginginkan cara alami tanpa efek samping, Anda dapat mengonsumsi wortel serta mengaplikasikannya pada wajah secara rutin. Wortel yang kaya anti-oksidan akan bantu mempercepat proses regenerasi kulit serta mencegah paparan polutan yang bisa merusak sel kulit seperti hiperpigmentasi serta kerutan.

Wortel juga mengandung Vitamin C yang membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kelembapan sehingga kulit tidak mudah mengalami keriput atau garis halus. Rutin mengonsumsi jus serta mengaplikasikan masker wortel pada wajah merupakan salah satu cara efektif dalam mencegah masalah kulit yang satu ini.