Tips Atasi Ketombe Dengan Perawatan Alami

Tips Atasi Ketombe Dengan Perawatan Alami

Portal Berita – Makeup sudah sempurna, pakaian sudah oke, eeh ada serpihan ketombe di rambut yang bisa bikin mood langsung drop. Nggak banget, ya? Ketombe bisa disebabkan banyak hal, mulai dari kondisi kulit kepala yang bermasalah, stres, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Untungnya nih, ketombe bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan perawatan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah. Coba, yuk!

Baking Soda Sebagai Pengganti Sampo

Biasanya, baking soda digunakan sebagai salah satu bahan pembentuk kue yang bisa membuat adonan lebih mengembang. Karena itu, tidak disangka ya kalau baking soda ternyata memiliki manfaat tersembunyi untuk mengatasi ketombe. Ada zat yang berfungsi untuk mencegah timbulnya jamur di kulit kepala yang menjadi salah satu penyebab dari ketombe dalam baking soda. Produk ini juga bagus sebagai pembersih.

Nah, untuk menggunakannya, Anda cukup menyiapkan 1-3 sendok makan baking soda. Takaran ini disesuaikan dengan panjang rambut Anda. Basahi rambut seperti saat keramas, lalu taburkan baking soda pada kulit kepala, gosok dengan lembut sambil meratakannya. Bilas bersih tanpa menggunakan sampo. Kulit kepala Anda akan menjadi lebih sehat dan rambut Anda pun menjadi lebih halus.

Anda ingin rambut sehat, bebas ketombe, dan berbau segar? Manfaatkan air lemon untuk membantu menghilangkan ketombe sekaligus menyegarkan kulit kepala. Lemon adalah salah satu buah dari keluarga citrus dengan tingkat keasaman yang tinggi. Kandungan asam alami ini mampu menyingkirkan bakteri-bakteri dan jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan dan 1 sendok teh air lemon perasan yang dicampur dengan segelas air. Setelah keramas, aplikasikan 2 sendok makan air lemon perasan pada kulit kepala dan pijat lembut agar nutrisinya meresap. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan segelas air lemon. Kulit kepala terasa lebih bersih dan segar kan? Jika ingin mencoba cara ini, pastikan Anda mengetes sensitivitas kulit terlebih dahulu. Lemon mengandung asam yang kuat dan mungkin tak cocok dengan kulit sensitif. Selamat mencoba ladies.