Sebuah Studi Mengungkapkan Perasaan Cemas Menyebabkan Mimpi Buruk

Sebuah Studi Mengungkapkan Perasaan Cemas Menyebabkan Mimpi Buruk

Portal Berita – Mimpi buruk ternyata lebih disebabkan oleh rasa cemas dan sedih ketimbang takut. hal ini di ungkapkan oleh Pra peneliti dari Université de Montréal, Prancis.

Tidak hanya itu, perasaan sedih dan cemas akan semakin parah setelah mendapatkan mimpi buruk. dan biasanya dibarengi perasaan bingung dan bersalah. Adapun mimpi buruk yang kebanyakan dialami orang biasanya berupa kekerasan fisik atau bahkan berhubungan dengan kematian.

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita dan pria tidak mengalami perbedaan signifikan dalam hal mimpi buruk, meskipun pada wanita permasalahan interpersonal dua kali lebih berpengaruh pada mimpi dibanding pria. tapi mereka juga menyebutkan bahwa, semakin cemas seseorang, maka mimpinya akan semakin buruk.

Uniknya, para peneliti itu tidak menemukan perasaan takut dalam mimpi buruk. "Kami menemukan bahwa rasa takut kebanyakan absen dalam mimpi buruk, digantikan dengan perasaan gelisah, sedih atau bahkan kebingungan, tidak tahu harus melakukan apa,”.

Dari total 684 mimpi buruk yang dikategorikan dari mimpi buruk ringan, sedang dan parah. Sementara itu, mereka juga menganalisis berbagai jenis mimpi dari 10 ribu partisipan. Penelitian tersebut diterbitkan di jurnal Sleep, awal Januari.

Jika mimpi buruk terus-menerus terjadi, bukan tidak mungkin penderitanya akan mengidap insomnia, atau gangguan tidur. Pasalnya, mereka yang kerap mendapatkan mimpi buruk, bisa jadi takut untuk tidur agar tidak diganggu mimpi. "Jika sudah begitu, maka kesehatan bisa terganggu,” tutur Robert.