Sebuah Studi Buktikan Bungkus Rokok Polos Dapat Mengurangi Angka Perokok

Sebuah Studi Buktikan Bungkus Rokok Polos Dapat Mengurangi Angka Perokok

Portal Berita – Peneliti dari Inggris melakukan rangkaian studi untuk mencari cara agar konsumsi rokok oleh masyarakat dapat berkurang. Dan hasil dari studi tersebut menyimpulkan bahwa bungkus rokok polos dapat mengurangi jumlah perokok.

Pada tahun 2012 di Australia sudah pernah menerapkan bungkus rokok polos dengan kebijakan yang sudah dilakukan studi sebelumnya. Jurnal Addiction yang memberikan informasi tersebut juga melaporkan bahwa semenjak kebijakan tersebut diterapkan jumlah perokok berkurang.

Dalam studi lain seorang peneliti menjelaskan hal tersebut terjadi karena terdapat gambar peringatan yang menyeramkan atau disebut pictorial health warning (PHW) mengalami peningkatan. Dengan menghilangkan gambar merk dan memberikan PHW pada bungkus rokok orang-orang akan lebih fokus pada PHW bukan pada merk rokok.

Efek menyeramkan yang ditimbulkan dari bungkus rokok tersebut otomatis akan memberikan dampak positif untuk tidak merokok pada orang yang belum melakukan kebiasaan tidak sehat tersebut.

Jadi mungkin ini bisa diterapkan juga di negara Indonesia untuk menekan setidaknya 20 orang perokok menjadi 19 perokok. Ataupun dapat membuat orang yang belum merokok untuk tidak tertarik untuk mengkonsumsi rokok.