Sebuah Penelitian Berhasil Menemukan Teknik Penyembuhan Kanker

Sebuah Penelitian Berhasil Menemukan Teknik Penyembuhan Kanker

Portal Berita – banyak beberapa penelitian yang di lakukan karena semakin banyaknya penderita pasien kanker di sunia. dan saalh satunya sebuah penelitian yang berhasil menemukan cara untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker tiroid pada tubuh.

Dengan perubahan tekanan gravitasi. Sebuah penelitian telah dilakukan untuk itu. Uniknya, penelitian dilakukan menggunakan ‘vomit comet’, pesawat yang biasa digunakan untuk menciptakan simulasi anti-gravitasi dalam melatih astronot.

Sebuah ilmuwan dari Belanda telah mencoba sebuah cara dengan meletakan sel kanker tiroid di pesawat dan memberikan tekanan anti gravitasi denagn lama 22 detik.

Hasilnya, gen dan protein pada kanker memiliki perilaku yang berbeda. Mereka jadi kurang agresif dalam menyokong pertumbuhan sel. Itu diyakinkan oleh perbandingan sel kanker dari astronot yang menghabiskan 10 hari di pesawat Shenzou 8 milik China tahun 2011.

Menurut para ilmuwan, gravitasi rendah memungkinkan perubahan pada poliferasi, diferensiasi, pemancaran sinyal, dan ekspresi gen pada sel kanker. Ilmuwan NASA menyebut, suasana “luar angkasa” memang bisa menjadi laboratorium untuk mengamati perilaku sel kanker.

Sebab, pertumbuhan sel di laboratorium biasa berbeda dengan di tubuh manusia. Kalau di tubuh manusia mereka membentuk struktur tertentu, di laboratorium biasa sel-sel itu tumbuh secara datar. Mereka tidak merefleksikan kondisi yang sesungguhnya.

Hasil studi yang ditulis dalam jurnal FASEB (Federation of American Scientists for Experimental Biology) itu menjadi langkah besar dalam upaya penyembuhan atau pengontrolan kanker.