Manfaat Dibalik Suhu Udara Yang Dingin

Manfaat Dibalik Suhu Udara Yang Dingin

Portal Berita – Siapa sangka bahwa udara dingin juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dua hormon yang bisa merubah lemak putih menjadi lemak coklat yang di gunakan tubuh sebagai energi akan bisa di pompa muncul pada suhu dingin 10-15 mennit lamanya.

Itulah teori di balik penelitian ilmuwan Australia membuat percobaan yang menunjukkan manusia yang menggigil kedinginan dan olahraga moderat memproduksi hormon pembakaran yang sama.

Dia juga melakukan percobaan laboratorium yang menunjukkan hormon tersebut mampu mengubah sel-sel lemak putih manusia menjadi sel-sel lemak coklat yang sehat.

Tetapi penelitiannya menunjukkan, manusia dewasa juga mempertahankan lemak coklat. Pada bayi, lemak coklat sebagian besar berada di punggung atas dan bahu. Sedangkan pada orang dewasa berada di sekitar leher.

Studi tersebut menunjukkan bahwa tubuh yang menggigil kedinginan selama 10 menit sampai 15 menit di suhu 14 derajat Celcius atau 16 derajat Celcius memproduksi hormon yang mirip dengan orang yang bersepeda selama satu jam.

Suhu udara yang kurang dingin, 19 derajat Celcius juga bermanfaat. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan paparan suhu yang aman dan efektif.

Profesor Endokrinologi dari Garvan Institute dan Rumah Sakit St Vincent Don Chisholm mengatakan dingin adalah penggerak kuat lemak coklat. Namun, manusia modern mungkin telah kehilangan efek lemak ini karena jarang terpapar dingin.