Beberapa Hal Yang Mengakibatkan Tubuh Kelelahan

Beberapa Hal Yang Mengakibatkan Tubuh Kelelahan

Portal Berita – Sibuk, stres, dan kurang tidur. Kondisi itu menyebabkan tubuh terasa lelah luar biasa. Istirahat sekadarnya, terkadang tak bisa meredakan kelelahan itu. satu dari lima orang merasa lelah pada waktu-waktu tertentu. Sementara, satu dari 10 orang mengalami lelah berkepanjangan.

Menariknya, wanita cenderung merasa lebih sering lelah dibanding pria. Seorang Dokter di American College of Physicians mengatakan, lelah sepanjang waktu adalah umum, tapi tidak normal.
Jika diperiksakan ke dokter, biasanya akan ada diagnosis penyakit tertentu. dan berikut ini beberapa penyebab lelah berkepanjangan.

Stres
Pencuri energi nomor satu adalah stres. Bekerja dari pagi hingga malam, menghadapi macet di jalan, serta waktu istirahat yang tak teratur membuat tubuh kurang fit. Akibatnya, tubuh merasa terus-menerus lelah. Bisa jadi tubuh dalam kondisi “zombie-mode”.

Mendengkur
Kebiasaan mendengkur ternyata juga berakibat buruk pada tubuh. Sebab, mendengkur merupakan sinyal tidur yang tak tenang. Dengkuran bisa mengganggu orang lain, dan menurunkan produktivitas di siang hari. Tubuh pun terasa lebih berat dan lelah.

Depresi
Depresi membuat orang sering mengeluh. Kondisi emosional itu berdampak pada fisik. Tubuh lebih mudah lelah. Alkohol pun tak membantu. Seseorang yang mabuk tidak akan tidur nyenyak dan terbangun dalam kondisi tidak bugar.

Penyakit lain
Stamina menurun, berbeda dengan kelelahan. Terengah-engah saat naik tangga, berbeda dengan tubuh pegal saat bangun tidur. Kalau menurunnya stamina bisa diobati dengan olahraga, sebaiknya periksakan ke dokter soal kelelahan. Itu bisa mengindikasikan anemia atau penyakit fisik lain.