Kesalahan Saat Menggunakan Masker Wajah, Apa Saja?

Kesalahan Saat Menggunakan Masker Wajah, Apa Saja?

Portal Berita – Menggunakan masker wajah merupakan salah satu rutinitas kecantikan yang makin digemari banyak wanita. Selain memberi efek relaksasi, Anda juga bisa langsung merasakan hasilnya setelah produk digunakan. Bahan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit, mulai dari bahan dapur hingga produk yang praktis seperti sheet mask dapat dipilih sesuai kebutuhan kulit. Tapi sayangnya, penggunaan masker wajah terkadang tidak dibarengi dengan kesadaran untuk memperhatikan berbagai hal penting yang dapat memengaruhi kondisi kulit. Seperti beberapa kebiasaan berikut, yang tidak jarang malah membuat wajah bermasalah setelah Anda menggunakan masker wajah.

1. Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

Sama halnya dengan skin care lain, Anda juga perlu memilih masker wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Saat kulit terasa kering dan membutuhkan hidrasi, pilih produk masker yang memberi efek menenangkan dan kaya pelembap seperti kandungan aloe vera, maupun snail. Hindari masker wajah clay maupun charcoal yang malah akan membuat kulit semakin kering. Selain itu selalu gunakan masker dalam takaran yang sesuai ya, karena terlalu banyak memakai masker tidak memberi jaminan wajah semakin bersih malah bisa berbalik membuat kulit Anda iritasi dan meimbulkan kemerahan.

2. Tidak Mencuci Tangan

Hal yang seringkali terlewatkan saat melakukan perawatan masker adalah memperhatikan kondisi tangan. Karena digunakan untuk mengaplikasikan masker ke wajah, jari-jari tangan harus dalam kondisi bersih dan steril. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum memasker wajah ya, karena tumpukan bakteri di tangan Anda malah bisa berpindah pada wajah dan menyumbat pori-pori kulit. Untuk mengantisipasi hal ini Anda juga bisa memanfaatkan spatula dan kuas wajah.

3. Kurang Memperhatikan Kebersihan Spatula

Jika khawatir tangan menyimpan berbagai bakteri, kebanyakan wanita juga lebih memilih memanfaatkan spatula dan kuas wajah dalam mengaplikasikan masker. Terutama bagi Anda yang memiliki masker dalam kemasan jar, penggunaan spatula sangat disarankan untuk menjaga kehigienisan produk. Tapi bukan berarti Anda tidak menjaga kebersihan apliaktor ini, ya. Sebelum dan setelah menggunakannya pastikan kondisi spatula dan kuas wajah dalam keadaan bersih.

4. Mengunakan Masker Terlalu Lama

Banyak yang menganggap jika membiarkan masker menempel lebih lama maka manfaat baik dari produknya juga akan lebih maksimal. Padahal kebiasaan membiarkan masker terlalu lama bisa membuat kulit kering khusunya masker dengan kandungan clay maupun acid. Selain jenis sleeping mask, pastikan Anda selalu menggunakan masker sesuai dengan anjuran waktu yang ada di kemasannya, ya.