Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah Yang Bikin Breakout

Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah Yang Bikin Breakout

Portal Berita – Membersihkan wajah adalah hal paling dasar sekaligus paling penting dalam perawatan kulit. Tapi sayangnya, masih ada yang menganggap membersihkan wajah adalah hal yang sepele dan lebih mementingkan langkah perawatan wajah selanjutnya. Padahal, sebagus apapun toner dan serum yang Anda gunakan, tidak akan optimal hasilnya kalau kulit wajah Anda tidak dibersihkan dengan baik. Tak hanya itu, kesalahan-kesalahan dalam mencuci wajah justru dapat memicu tumbuhnya breakout, lho! Nah, tidak ingin hal itu terjadi, kan? Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan dalam mencuci wajah yang harus kita hindari.

1. Salah Takaran

Untuk mendapatkan hasil yang baik, pastikan Anda menggunakan produk dengan tepat. Selain dari jenisnya, takaran produk yang kita gunakan juga penting untuk kita ketahui. Untuk pembersih dengan tekstur gel atau krim, tuangkan produk hingga ukurannya menyerupai uang koin. Untuk pembersih bertekstur foam, cukup menggunakan foam sebanyak 1 hingga 1 ½ pump. Jika menggunakan terlalu banyak produk, dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan iritasi. Sedangkan penggunaan produk yang terlalu sedikit akan menyisakan kotoran atau makeup pada kulit sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout.

2. Membersihkan dengan Terburu-buru

Kulit wajah butuh perhatian ekstra agar kulit wajah benar-benar bersih. Apalagi jika kita menggunakan makeup tebal seharian. Hanya membersihkan wajah sebanyak satu kali, tentunya tidak dapat membersihkan semua kotoran di wajah kita secara maksimal. Selelah apapun Anda di malam hari, tidak ada alasan untuk malas membersihkan wajah, ya! Apalagi jika hanya membersihkan dengan micellar water saja. Selalu ingat untuk melakukan double cleansing. Pertama, gunakan produk untuk menghapus seluruh makeup, barulah gunakan produk untuk mengangkat sisa minyak dan kotoran dari wajah.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Tangan dan Handuk

Sebelum mencuci wajah, pastikan Anda memiliki tangan yang bersih. Mungkin hal ini terdengar percuma karena pada akhirnya, tangan kita akan terkena pembersih juga, kan? Percaya atau tidak, mencuci tangan adalah hal yang penting. Tangan kita sudah menyentuh banyak benda yang tentunya mengandung banyak bakteri. Pembersih yang digunakan pada wajah tidak diformulasikan untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut, jadi bisa saja bakteri tersebut berpindah ke wajah Anda. Selain itu, untuk mengeringkan wajah, Anda juga harus memerhatikan kebersihan handuk yang digunakan. Idealnya, Anda harus mengganti handuk setidaknya 3 hari sekali. Handuk yang lembap dapat menjadi sarang bakteri.