Jalan Pantura Kudus Dibuka Kembali Setelah Banjir Surut

Jalan Pantura Kudus Dibuka Kembali Setelah Banjir Surut

Portal Berita – Minggu pagi 26 Januari 2014 Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) Kudus, Jawa Tengah, yang hampir sepekan tertutup banjir dan mengalami kemacetan hingga puluhan kilometer, mulai bisa dilalui kendaraan besar.

Bambang Murdoko, Kapolres Kudus, Ajun Komisaris Besar Polisi menjelaskan, kemacetan sudah mulai dapat diurai. Ketinggian banjir di depan Terminal Induk Kudus yang sebelumnya mencapai 1 meter lebih, pagi ini sudah turun hingga 50 cm.

“Truk dan kendaraan jenis besar sudah bisa melintas. Sementara kendaraan kecil masih kami larang melintas,” katanya.

Truk-truk dan kendaraan besar dari arah Kudus menuju Demak sudah dapat melintas. Sementara lalu lintas dari arah sebaliknya, masih ditutup.

Ditambahkan Bambang, pengurukan dengan batu kricak dan pasir di lajur yang tergenang banjir terus dikebut. Dengan pengurukan, jalur darurat ini akan dibuat lebih tinggi agar bisa dilalui kendaraan.

Peninggian jalan dilakukan di Jalan Agil Kusumadya yang sejak Selasa lalu tergenang banjir. Jalan ditimbun dengan ketebalan hingga 70 cm. Penimbunan membutuhkan 500 rit material batu kricak.

Rekayasa jalur darurat ini dibuat sebagai langkah untuk mengurai kemacaten di jalur Pantura Kudus akibat banjir. Pemkab setempat bersama dinas terkait terus berkoordinasi dengan pihak Polri dan TNI untuk bantu memprioritaskan perjalanan bagi truk-truk pengangkut BBM, elpiji dan sembako.