Hormon Ibu Hamil Bisa Rusak Akibat Obat Peredam Nyeri

Hormon Ibu Hamil Bisa Rusak Akibat Obat Peredam Nyeri

Portal Berita – Tak hanya asupan makanan dan akivitas yang perlu diperhatikan saat mengandung buah hati. Para ibu hamil harus lebih waspada pada asupan obat-obatan karena mempengaruhi perkembangan anak.

Sebuah studi terbaru menemukan, penggunaan obat pereda nyeri acetaminophen berkaitan dengan gangguan perilaku ADHD pada anak. ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan kelainan psikologis yang menyebabkan anak hiperaktif.

Studi yang dilakukan di Denmark memeriksa data lebih dari 64.000 anak-anak dan menemukan paparan obat pereda nyeri pada saat kehamilan bisa meningkatkan risiko anak mengalami ADHD sebesar 13 persen.

Ini termasuk 29 persen risiko lebih tinggi anak diberikan resep ADHD, dan 37 persen berisiko lebih tinggi anak akan didiagnosis mengalami gangguan hiperkinetik, sebuah kondisi ADHD parah.

Seperti dikutip USA Today, risiko akan semakin tinggi bila obat pereda sakit semakin sering dikonsumsi selama kehamilan.

Wanita hamil yang mengonsumsi acetaminophen selama 20 minggu atau lebih, berisiko 50 persen menyebabkan anak mereka mengalami ADHD. Menurut peneliti, acetaminophen dapat mengganggu kinerja hormon-hormon ibu yang berperan kunci mempengaruhi perkembangan otak janin.

Studi terbaru lain juga menemukan bahwa penggunaanacetaminophen selama kehamilan meningkatkan risiko 70 persen anak mengalami masalah perilaku.