Hentikan Pemakaian Krim Pemutih Jika Alami Hal Ini

Hentikan Pemakaian Krim Pemutih Jika Alami Hal Ini

Portal Berita – Tidak dipungkiri lagi jika masih ada anggapan bahwa cantik itu adalah jika memiliki kulit putih dan bersih. Hal inilah yang kemudian memicu banyak wanita berkulit lebih gelap untuk berlomba-lomba mencerahkan kulit dengan banyak pemakaian krim pemutih wajah. Produk pemutih yang biasanya terdiri dari krim pagi, krim malam, dan sunscreen tersebut menjadi ”menu” baru setiap bulannya.

Saat ini sudah banyak merek produk pencerah wajah yang aman dan diakui oleh BPOM RI. Namun kondisi kulit dan daya tahan tubuh yang berbeda dari setiap orang bisa saja memicu dampak tertentu dari penggunaan krim pemutih. Oleh karena itu, Anda disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum pemakaian krim pemutih wajah.

Nah, yang juga perlu Anda tahu, pemakaian krim pemutih wajah harus segera dihentikan apabila Anda mengalami tanda-tanda berikut ini:

1. Pada permukaan kulit

Beberapa gejala yang timbul sebagai reaksi alergi pada krim adalah sebagai berikut:

– Kulit terasa panas seperti terbakar
– Kulit terasa perih hingga tampak seperti kulit yang bersisik
– Warna kulit menjadi kemerah-merahan
– Krim dapat menghambat produksi minyak pada wajah sehingga kulit menjadi kering
– Timbul ruam pada wajah sampai ada bagian kulit yang mengelupas
– Gatal-gatal di area wajah, bercampur dengan rasa panas dan perih seperti digigit semut
– Penipisan lapisan kulit sehingga jerawat dan flek hitam mudah sekali munculnya

2. Pada organ dalam

Organ dalam tubuh manusia juga dapat terkena imbas dari penggunaan krim pemutih wajah yang tidak cocok dan menimbulkan efek samping seperti berikut:

– Katarak
– Kepala sering pusing
– Gangguan pernafasan
– Gangguan pencernaan
– Gangguan fungsi ginjal dan hati
– Gangguan kehamilan atau keguguran

Dengan mengetahui berbagai macam efek samping yang bisa saja timbul saat Anda menggunakan krim pemutih wajah, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati saat mengaplikasikannya. Mulai saat ini, lebih cermatlah dalam memiliki produk kecantikan wajah. Banyak kok, produk berkualitas yang bisa memaksimalkan pesona Anda tanpa mengganggu kesehatan.

Akan jauh lebih baik lagi jika penggunaan krim pemutih wajah diimbangi dengan perawatan dari dalam supaya hasilnya cepat terlihat. Konsumsilah makanan dan minuman yang kaya antioksidan serta vitamin E karena bisa menjaga keremajaan kulit dan membuat teksturnya lebih kenyal.