Hal Yang Dapat Menyebabkan Komedo Semakin Parah

Hal Yang Dapat Menyebabkan Komedo Semakin Parah

Portal Berita – Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami wanita. Masalah ini muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, debu, sebum, atau sel kulit mati. Ada banyak solusi yang ditawarkan untuk menangani masalah komedo, mulai dari skin care hingga perawatan di klinik. Belum menemukan solusi yang tepat? Sambil mencari, cobalah untuk tidak membuat kondisi komedo semakin parah. Berikut ini adalah beberapa hal yang berpotensi membuat komedo semakin parah.

1. Sering Menyentuh Wajah

Apa Anda termasuk seseorang yang gemar mengecek wajah sambil menyentuhnya? Kalau iya, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena dapat membuat komedo semakin parah. Baik itu memencet atau hanya meraba saja, kebiasaan menyentuh wajah bisa menyebabkan penyebaran bakteri dan kotoran pada kulit. Selain jari-jari tangan, rambut yang menyentuh wajah juga bisa membawa bakteri atau kotoran yang membuat komedo semakin parah.

2. Membersihkan Wajah dengan Kurang Maksimal

Baik menggunakan makeup atau tidak, membersihkan wajah dengan baik adalah langkah awal untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat. Jika tidak dilakukan dengan benar, sisa makeup, sebum, atau kotoran yang tersisa bisa terperangkap dalam pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo baru. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara maksimal dengan metode double cleansing.

3. Kebiasaan Memencet Komedo

Meskipun memungkinkan untuk dilakukan di rumah, Anda sebaiknya tidak mengangkat komedo sendiri. Baik itu menggunakan alat atau dengan cara memencetnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan komedo yang Anda mengalami infeksi, berubah menjadi jerawat dan berisiko meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Untuk penanganan yang lebih aman, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke klinik kecantikan.

4. Menggunakan Pore Strip

Pore strip merupakan salah satu cara mengangkat komedo yang murah dan mudah dilakukan. Tak heran jika cara ini menjadi favorit banyak wanita. Nah, kalau Anda termasuk salah satu orang yang gemar menggunakan cara ini, sebaiknya mulai menghindarinya. Apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif. Pore strip memang berpengaruh, tetapi hasilnya hanya bertahan sementara. Selain itu, pore strip juga menghisap terlalu banyak minyak di wajah dan berisiko membuat kulit wajah kita terkelupas.

5. Melakukan Eksfoliasi Berlebihan

Eskfoliasi memang merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah komedo. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, hal ini justru menyebabkan komedo semakin parah. Eksfoliasi pada area yang mengalami komedo dan menggunakan scrub yang kasar dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda sebaiknya melakukan eksfoliasi menggunakan soft cloth atau cleansing brush yang lembut.