Hal Terbaik Yang Dibutuhkan Kulit Saat Cuaca Dingin

Hal Terbaik Yang Dibutuhkan Kulit Saat Cuaca Dingin

Portal Berita – Cuaca dingin kerap dihubungkan dengan kurangnya kelembapan udara yang dapat mengakibatkan kondisi kulit jadi kering, bahkan pecah-pecah. Kondisi kulit yang kering akibat dinginnya cuaca perlu dicegah dan diatasi dengan cara yang tepat. Jika tidak, kondisinya akan semakin parah serta dapat berujung pada kemerahan dan iritasi. Lantas, tindakan serta hal apa saja yang dibutuhkan kulit saat cuaca dingin melanda? Simak selengkapnya di sini, ya!

1. Mempersingkat Durasi Mandi

Mandi dengan air panas berlama-lama sambil berendam saat musim dingin memang dapat membuat tubuh terasa nyaman dan jauh lebih rileks. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa memberi dampak kurang baik untuk kondisi kulit. Menurut Deirdre Hooper, MD, dari Audubon Dermatology di New Orleans, terlalu lama mandi dengan air panas saat musim dingin akan membuat kulit semakin cepat kehilangan kelembapannya. Selain itu, dokter kulit dari kota New York bernama Dhaval Bhanusali, MD juga menyarankan untuk membatasi waktu mandi setidaknya tak lebih dari tujuh menit, terutama pada saat cuaca dingin.

2. Mengatur Temperatur Air

Selain membatasi waktu mandi, Anda juga perlu mengurangi temperatur air yang digunakan untuk mandi saat cuaca dingin karena suhu yang terlalu panas akan membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya. Seorang ahli kecantikan dari Mount Sinai Hospital, yaitu Joshua Zeichner, MD menyatakqn bahwa mandi dengan air hangat tidaklah mengapa, asal suhunya pas. Lantas, bagaimana cara mengetahui air yang digunakan memiliki temperatur yang pas? Tips dari Mona Gohara, MD, seorang dermatologis dari Yale School of Medicine menyatakan bahwa jika air yang Anda gunakan untuk mandi terlalu panas, dinding kamar mandi akan berembun. Jika hal demikian sudah terjadi, itu tandanya Anda perlu mengurangi temperatur air yang digunakan atau segera menyudahi sesi mandi kala itu.

3. Tidak Menyabuni Seluruh Tubuh

Sabun mandi yang kebanyakan ditemukan di pasaran dan mungkin saja sering Anda gunakan memiliki kadar pH basa yang dapat memengaruhi lapisan luar kulit. Oleh karenanya, Anda perlu cermat dalam memilih sabun mandi. Selain memilih produk denan formula yang lembut serta bebas dari kandungan paraben dan SLS, saat cuaca dingin ternyata Anda juga disarankan untuk tidak menyabuni seluruh area tubuh. Menurut Rebecca Kazin, MD, FAAD & Associate Director, WIDLS di Chevy Chase, Maryland, Anda hanya perlu menyabuni area tubuh yang saling bersentuhan, seperti ketiak dan selangkangan. Sabuni pula area tangan dan kaki saat kondisinya kotor. Selebihnya, biarkan air mengalir membasuh tubuh guna menjaga kelembapan alami kulit tidak ikut hilang.

4. Utamakan Penggunaan Pelembap

Untuk mencegah kulit jadi kering saat cuaca dingin, khususnya setelah selesai mandi, Mona Gohara, MD menyarankan Anda untuk segera mengaplikasikan pelembap ke seluruh tubuh paling lama 3 menit setelah keluar dari kamar mandi. Tujuannya adalah untuk mengunci kadar air yang masih tertinggal di permukaan kulit sekaligus menjaganya agar tetap lembap. Sebagai tambahan. Seorang dermatologist dari Chicago bernama Jordan Carqueville, MD juga menyarankan pengaplikasian pelembap perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Sebagai pelengkap, pakar kulit Deirdre Hooper, MD pun mengatakan bahwa penggunaan coconut oil atau jojoba oil sebelum pengaplikasian body lotion dapat memberikan hasil kelembapan pada kulit secara maksimal.

5. Gunakan Skin Care Berkandungan Hyaluronic Acid

Jika membahas tentang kandungan utama dalam produk pelembap, Hyaluronic acid merupakan salah satu jenis kandungan yang paling banyak digunakan untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan ini pun dinilai baik untuk menjadikan kondisi kulit tetap halus, lembut, kencang, dan awet muda. Menurut Jordan Carqueville, MD, hyaluronic acid juga bekerja secara efektif dalam mengikat kadar air pada kulit serta menjadikannya tampak sehat dan kenyal. Untuk hasil maksimal, Anda juga bisa menggunakan serum atau sheet mask berkandungan hyaluronic acid secara bergantian.

6. Selalu Sedia Lip Oil

Saat cuaca dingin, kulit yang paling dominan mengalami masalah dan cepat kering, bahkan seringkali mengelupas di area bibir. Tidak hanya membuat Anda merasa tidak nyaman, kondisi bibir yang kering dan mengelupas juga juga dapat menganggu penampilan. Bila Anda merasa bahwa mengaplikasikan lip balm saja sudah cukup, sayang sekali bahwa hal tersebut keliru. Penggunaan lip balm saja tidak cukup karena produk tersebut hanya mampu menyegel kelembapan, tetapi tidak bisa meningkatkan kelembapan bibir. Untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah, dokter Mona Gohara, MD menyarankan Anda untuk menggunakan lip oil terlebih dahulu untuk memberikan hidrasi maksimal pada bibir, baru setelahnya mengaplikasikan lip balm untuk mengunci kelembapannya.