Emotikon Multikultural Akan Ada Di Apple

Emotikon Multikultural Akan Ada Di Apple

Portal Berita – Perusahaan raksasa Apple ingin meragamkan emoji atau emotikon untuk aplikasi pesan teks. Sejauh ini, perusahaan pembuat iPhone itu sudah memperkenalkan puluhan karakter wajah orang.

Perusahaan pembuat iPhone itu mengaku hampir menyelesaikan standar keragaman baru bersama badan yang bertanggung jawab untuk memutuskan berbagai standar simbol gratis yang ditambahkan ke pesan teks. Badan tersebut adalah Unicode Cosortium. dari puluhan karakter emoji baru yang diperkenalkan, hanya terdapat dua simbol Asia, yaitu wajah orang bersorban dan wajah orang yang memakai penutup kepala khas China.

Sejak 2010, daftar dasar emoji telah dikembangkan dan dikelola oleh organisasi nirlaba asal Silicon valley, yang terdiri atas perusahaan komputer besar, produsen peranti lunak, kelompok pengguna dan lainnya.

Pengaturan dasar itu memastikan tiap perangkat dan operator seluler dapat saling menerima seperangkat emoji dasar ini.

Namun demikian, meski beberapa aplikasi menawarkan peningkatan jumlah emoji, pengguna lain bisa juga tak dapat melihat jika yang bersangkutan belum menginstal peranti lunak yang sama.

Pengumuman Apple soal keragaman emoji ini menyusul petisi pada DoSomething.org yang menyerukan agar Apple meningkatkan keragaman etnis dalam konteks emojinya.

Perusahaan teknologi dunia seperti Apple, Google, dan Microsoft dan lainnya memang merancang versi karakter emoji mereka. Dari 800 emoji yang muncul, karakter emoji cenderung berorientasi pada etnis kulit putih.