Cara Mengatasi Pock Marks Alias Bopeng Bekas Jerawat

Cara Mengatasi Pock Marks Alias Bopeng Bekas Jerawat

Portal Berita – Selain meninggalkan bekas berupa hiperpigmentasi, jerawat juga sering meninggalkan bekas pock marks atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan bopeng. Pock marks membuat tekstur kulit menjadi tidak rata, bahkan menyebabkan kulit terlihat seperti berlubang. Sebenarnya bopeng bekas jerawat tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit ke depannya, tetapi tampilannya yang membuat kulit tampak kasar sering kali membuat seseorang yang memilikinya merasa kurang percaya diri.

Nah, bagi Anda yang memiliki banyak bopeng bekas jerawat dan ingin mengatasinya, berikut ini adalah lima pilihan perawatan yang bisa Anda coba.

1. Chemical Peel

Chemical peel merupakan salah satu perawatan yang paling banyak dipilih untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Treatment ini bertujuan untuk mengangkat lapisan terluar kulit menggunakan cairan asam atau enzim. Kulit akan mengalami regenerasi dan dengan perawatan secara rutin, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih mulus karena pock marks akan tersamarkan. Beberapa efek samping dari chemical peel antara lain kulit kemerahan karena iritasi.

2. Dermabrasion

Dermabrasion merupakan perawatan yang bertujuan untuk mengangkat lapisan epidermis dan dermis pada kulit. Berbeda dengan chemical peel, dalam dermabrasion proses pengelupasan kulit dilakukan secara fisik menggunakan alat khusus. Untuk hasil yang lebih maksimal dan aman, sebaiknya treatment ini dilakukan di klinik oleh terapis profesional. Jika tidak dilakukan dengan benar, ada beberapa risiko yang bisa Anda alami seperti munculnya bekas luka yang baru, pori-pori membesar, warna kulit yang tidak rata, hingga infeksi.

3. Microneedling

Microneedling atau dikenal juga dengan collagen-induction therapy, merupakan perawatan berkala menggunakan jarum-jarum kecil yang menusuk-nusuk kulit. Dengan membuat luka-luka kecil pada kulit, produksi kolagen akan meningkat dan membantu mengisi lubang bopeng bekas jerawat. Treatment ini perlu dilakukan setiap 2-6 minggu sekali dan baru memberikan hasil yang signifikan di bulan ke-9 perawatan.

4. Laser

Ada dua jenis perawatan laser yang bisa Anda coba untuk mengatasi bopeng bekas jerawat; fractional laser dan ablative laser resurfacing. Fractional laser berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru pada pock marks. Sedangkan ablative laser resurfacing berfungsi untuk mengangkat lapisan terluar kulit menggunakan laser. Treatment ini membutuhkan perawatan lanjut dan masa penyembuhan, tetapi hasilnya bisa bertahan selama bertahun-tahun.

5. Fillers

Salah satu cara yang memberikan hasil secara instan adalah filler. Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan kolagen maupun substansi berbahan dasar lemak pada area wajah yang bermasalah. Filler akan mengisi area wajah yang bolong sehingga membuat tampilan kulit lebih mulus. Treatment ini memiliki ketahanan yang beragam, bisa hanya selama 6 bulan atau bisa juga bertahan seumur hidup.