Blue Tansy Oil, Essential Oil Yang Memiliki Beragam Manfaat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Blue Tansy Oil, Essential Oil Yang Memiliki Beragam Manfaat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Portal Berita – Sejak ribuan tahun lalu essential oil sudah dimanfaatkan sebagai salah satu produk yang difungsikan untuk berbagai hal, mulai dari menyembuhkan penyakit hingga menjaga kecantikan kulit. Ada beragam jumlah essential oil dan setiap jenisnya memiliki karakteristik, aroma, serta manfaat masing-masing. Dari sekian banyaknya essential oil yang terseida, apakah Anda sudah mencoba Blue Tansy Oil?

Sering dikenal juga sebagai Moroccan Chamomile atau Moroccan Tansy, essential oil ini biasa tumbuh di Maroko, Portugal serta Spanyol.Seperti namanya, produk ini memilki tampilan warna biru yang khas dan kandungan aktif azulene. Warna biru pekat yang dimiliki essential oil ini hadir secara alami melalui proses penyulingan. Blue Tansy Oil umumnya banyak digunakan sebagai bahan pewarna alami untuk produk perawatan kulit dan cukup jamak ditemui sebagai salah satu kandungan dalam produk kecantikan high-end. Hmm, apa saja manfaat dari produk ini? Yuk, simak paparan lebih lanjut melalui artikel berikut.

1. Sebagai Aromaterapi

Blue Tansy Oil memiliki aroma herbal khas dan cenderung manis yang dipercaya mampu menenangkan pikiran. Minyak esensial ini juga mengandung zat sabinene yang bersifat antiseptik dan dapat membunuh patogen atau mikroorganisme parasit di udara. Selain itu, produk ini pun efektif untuk membantu memecahkan lendir pada saluran pernafasan, sehingga proses pernapasan jadi lebih lancar.

Efek relaksasi yang dihasilkan oleh essential oil ini sudah dibuktikan memiliki kemampuan dalam meredakan stres, kegelisahan, bahkan depresi ringan. Anda dapat memanfaatkan Blue Tansy Oil sebagai aromaterapi dengan menggunakan difusser. Caranya cukup teteskan Blue Tansy Oil sebanyak 2-3 tetes, lalu hirup beberapa kali sebelum aromanya secara perlahan menyebar ke seluruh ruangan.

2. Anti-inflamasi dan Berbagai Macam Masalah Kulit

Inflamasi adalah peradangan yang terjadi pada kulit yang umumnya bisa menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit acne-prone, Blue Tansy Oil dapat difungsikan untuk meredakan peradangan. Hal ini terjadi karena Blue Tansy Oil memiliki kandungan Azulene yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan bantu mengurangi kemerahan pada wajah.

Selain masalah umum seperti jerawat, produk ini juga dapat digunakan oleh mereka yang memiliki masalah eczema, maupun dermatitis. Selain penampilan kulit, manfaat anti-inflamasi dalam produk ini juga dapat membantu penyembuhan nyeri otot, serta mengurangi rasa sakit setelah berolahraga. Anda bisa menggunakannya sebagai aromaterapi menggunakan difusser atau dengan cara mencampurkan dengan carrier oil sebelum diaplikasikan pada kulit.

3. Meredakan Alergi

Masalah alergi membutuhkan perhatian ekstra, terlebih saat Anda tidak dapat menemukan penyebab alergi. Saat menghadapi kondisi ini, Anda dapat mencoba Blue Tansy Oil untuk meredakannya. Essential oil ini memiliki kandungan champor yang sangat berguna untuk meredakan alergi. Anda bisa menggabungkannya bersama Lavender, Peppermint maupun Eucalyptus essential oil. Blue Tansy Oil juga efektif dalam membantu menetralkan dan menghentikan produksi histamin, untuk mengurangi reaksi kulit terhadap alergen yang menyebabkan ruam. Cara penggunaannya cukup oleskan di area kulit yang telihat memerah dan gatal lalu biarkan beberapa saat.

4. Melembapkan dan Menyehatkan Kulit Wajah

Tak hanya menyimpan manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai masalah kulit, Blue Tansy Oil juga sering dimanfaatkan sebagai kandungan dalam produk skin care high end. Karena kandungan dari essential oil ini dikalim dapat digunakan oleh pemilik kulit sensitif, dan memberi efek menghidrasi yang baik bagi kulit. Lebih menarik lagi, Blue Tansy Oil diklaim mampu mengatasi masalah aging seperti garis halus, keriput dan kerutan pada wajah.

5. Bersifat Anti Jamur dan Bakteri

Essential oil ini memiliki sifat anti-fungal dan anti-bacterial yang dapat membantu mencegah jamur yang akan menyebabkan infeksi pada kulit wajah, kuku dan juga kulit kepala. Dengan kandungan Alpha Phellandrene dan Beta Pinene yang berfungsi sebagai anti-bakterial dan anti-jamur. Sehingga essential oil jenis ini cukup efektif dalam menyembuhkan luka bakar, maupun luka akibat gigitan serangga. Namun selalu ingat untuk mencampurkan essential oil dengan carrier oilsebelum diaplikasikan secara langsung pada kulit. Hal ini perlu dilakukan mengingat essential oil memiliki tingkat konsentrat tinggi yang bisa memberi efek buruk pada kulit jika langsung diaplikasikan tanpa minyak pelarut.