Barcelona Dijatuhi Sanksi

Barcelona Dijatuhi Sanksi

Portal Berita – Akibat beberapa fans yang mengibarkan bendera Catalan dalam beberapa pertandingan Liga Champions Eropa yang melibatkan Barcelona sepanjang musim ini, akhirnya pihak UEFA sebagai badan tertinggi sepakbola Eropa menjatuhkan sanksi kepada Barcelona dengan hukuman berupa kewajiban membayar denda sebesar 150 ribu Euro.

Bendera Catalan atau bendera Estalada merupakan bendera yang termasuk salah satu kampanye yang mendukung kemerdekaan Catalunya dari Spanyol. Sepanjang musim ini pihak UEFA mendapati beberapa pertandingan Barcelona mengandung pengibaran bendera itu.

Badan tertinggi sepakbola Eropa itu sendiri memiliki peraturan yang melarang setiap atribut berbau politik, agama, ideologi dan hal-hal berbau provokatif dan offensive dalam sebuah pertandingan sepakbola. Namun Barcelona sendiri yang sudah menerima hukuman dari UEFA kabarnya akan melakukan banding.

"Klub Barcelona sudah mengetahui pernyataan dari komite disiplin UEFA perihal pengibaran bendera Estalada dalam pertandingan Liga Champions Eropa di Camp Nou sepanjang musim 2015-2017.”

"Klub diharuskan membayar sebesar 150 Ribu Euro dimana sebanyak 50 ribu akan ditangguhkan pembayarannya jika dalam kurun waktu selama dua tahun ke depan hal itu tidak terulang lagi. Namun Barcelona akan melakukan tindakan hukum berupa banding atas hukuman ini karena klub menilai hal ini sudah mencederai kebebasan berekspresi.”