Banyak Teman Akan Jauh Dari Penyakit Jantung Dan Kanker

Banyak Teman Akan Jauh Dari Penyakit Jantung Dan Kanker

Portal Berita – Terkadang menyendiri bisa jadi salah satu alternatif yang paling diminati orang untuk menenangkan gundah hati. Tapi jangan terus-terusan menyendiri karena ini dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Hal ini dikemukakan oleh sebuah studi baru dari American Sociological Association.

Peneliti menemukan orang-orang yang lebih memilih beraktivitas seorang diri memperlihatkan gejala peradangan yang jauh lebih tinggi secara signifikan di dalam pembuluh darah mereka dibandingkan mereka yang lebih memilih hangout atau sering berkumpul dengan teman-temannya. Demikian dilansir Men’s Health.

Bahkan menurut peneliti, efek paling dramatisnya paling sering terlihat pada pria. Padahal orang-orang yang kurang berinteraksi secara sosial atau hanya punya satu-dua teman dekat berisiko 24 persen lebih tinggi meninggal akibat kanker, serta berisiko 12 persen lebih tinggi sekarat karena penyakit jantung.

Studi sebelumnya juga menyatakan keberadaan teman membuat seseorang bisa tetap sehat karena mereka melindungi Anda dari stres yang muncul akibat berbagai masalah kehidupan yang menghantui Anda.

Pada beberapa studi lain pun terungkap dukungan teman terbukti dapat mengurangi tumor pada pasien kanker. Seperti selama ini diketahui tidak memiliki banyak kontak sosial mampu menyebabkan sistem imun melemah dan menempatkan seseorang pada risiko depresi dan penyakit lainnya.

Parahnya lagi kondisi ini berlangsung seperti lingkaran setan: semakin lama Anda menyendiri, maka peradangannya akan semakin terakumulasi alias menumpuk. Dan semakin buruk kondisi fisik Anda akibat penumpukan peradangan itu, semakin kecil peluang Anda untuk berinteraksi dengan orang lain atau sekedar menemui teman-teman Anda.