Apakah Mengonsumsi Suplemen Kolagen Efektif Untuk Menjadikan Kulit Tampak Awet Muda?

Apakah Mengonsumsi Suplemen Kolagen Efektif Untuk Menjadikan Kulit Tampak Awet Muda?

Portal Berita – Apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat mendengar kata ‘kolagen’? Kandungan yang tergolong ke dalam jenis protein ini diproduksi secara alami dalam tubuh untuk menjaga struktur dan elastisitas kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan semakin berkurang, yang mana akan menyebabkan munculnya tanda penuaan dini, seperti keriput dan kulit yang kendur. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen kolagen. Namun, apakah suplemen kolagen dapat membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini secara efektif? Temukan jawabannya di sini!

1. Pentingnya Kolagen Untuk Kulit

Kolagen merupakan jenis protein yang jumlahnya bisa mencapai sekitar 30% dari seluruh jumlah protein yang ada dalam tubuh. Tubuh memproduksi kolagen melalui asam amino, vitamin, dan juga mineral yang masuk ke dalam tubuh. Berkurangnya kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen secara alami rupanya tak hanya disebabkan karena pertambahan usia saja, radikal bebas serta paparan sinar UVA dan UVB pun dapat merusak kolagen alami yang ada di dalam tubuh. Oleh karenanya, seseorang perlu menghindari intensitas terlalu sering terpapar polusi dan sinar matahari jika tak ingin tanda-tanda penuaan dini muncul.

Untuk bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang semakin berkurang, Anda dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen, salah satunya dengan mengonsumsi sayuran hijau, sayuran merah, buah jeruk, bawang putih, atau bisa juga madu manuka. Selain itu, banyak juga yang mengandalkan skin care untuk melawan tanda-tanda penuaan. Manusia dengan usia di atas 20 tahun memiliki kebutuhan kolagen sebanyak 1.000 mg hingga 5.000 mg per harinya. Untuk bisa menambah asupan kolagen ke dalam tubuh dengan praktis, kini banyak yang mengonsumsi suplemen kolagen. Namun, apakah suplemen kolagen benar-benar efektif untuk membantu melawan tanda penuaan dan menjaga keremajaan kulit?

2. Manfaat dan Efektivitas Suplemen Kolagen

Bagi para wnaita yang punya segudang aktivitas, mengonsumsi suplemen kolagen bisa menjadi solusi praktis untuk meningkatkan asupan kolagen di dalam tubuh. Suplemen kolagen yang Anda konsumsi secara rutin dapat memberi banyak manfaat, mislanya saja mempertahankan kelembapan, menjaga elastisitas, serta menghambat munculnya tanda-tanda penuaan akibat berkurangnya produksi kolagen.

Selain untuk kulit, ternyata suplemen kolagen juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, memperkuat pembuluh darah sekaligus meningkatkan sirkulasinya, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information pada tahun 2014 di Jerman pada sejumlah wanita berusia 35-55 tahun, membuktikan bahwa kondisi kulit mereka menjadi lebih sehat dan kencang setelah mengonsumsi suplemen kolagen selama 8 minggu.

3. Jenis-Jenis Suplemen Kolagen

Mengonsumsi suplemen kolagen memang memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda tentu perlu memilih jenis suplemen kolagen yang tepat. Kini Anda pun sudah bisa menemukan berbagai macam jenis suplemen kolagen yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada suplemen yang berbentuk tablet, bubuk, maupun cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan. Perlu diingat, jika Anda memilih suplemen kolagen dalam bentuk suntik, pastikan yang melakukannya langsung adalah seorang dokter atau ahlinya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Aturan Minum dan Efek samping

Sama halnya seperti mengonsumsi obat atau multivitamin, mengonsumsi suplemen kolagen juga harus mengikuti petunjuk yang dianjurkan dan berbeda untuk tiap jenisnya. Pemilihan jenis suplemen yang tepat harus disesuaikan dengan kondisi tubuh guna menghindari adanya efek sampingnya. Beberapa efek samping yang mungkin bisa Anda rasakan karena mengonsumsi suplemen kolagen adalah reaksi alergi karena kandungan kolagen yang berasal dari hewan. Selain itu, tidak sedikit pula yang merasakan mual dan pusing.

Nah, sebelum membeli dan mengonsumsi suplemen kolagen, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa hal yang penting. Beberapa di antaranya dengan memilih produk yang tidak memiliki terlalu banyak ingredients, hindari collagen powder yang memiliki rasa, dan pastikan produk yang digunakan memiliki sertifikat agar lebih aman saat dikonsumsi. Namun, bila masih ragu dalam memilih dan meminimalisir timbulnya efek samping, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.