Apa Saja Sih, Musuhnya Ketombe?

Apa Saja Sih, Musuhnya Ketombe?

Portal Berita – Kalau biasanya Anda yang takut dihinggapi ketombe, sekarang cari tahu yuk ketombe takutnya sama apa? Beberapa cara merawat rambut secara alami ternyata bisa membuat ketombe pergi dan tak akan mau kembali lagi ke rambut Anda. Tidak sulit kok, mencari bahan-bahan pengusir ketombe. Penasaran? Yuk, simak penjelasan dibawah ini.

1. Tea tree oil

Minyak satu ini tak hanya bisa digunakan untuk mengatasi gangguan jerawat di wajah, namun ternyata juga ampuh membasmi ketombe. Baunya cukup menyengat sehingga mampu mengusir bakteri yang ada di manapun, termasuk di rambut. Tetapi ingat, gunakan dalam takaran yang secukupnya ya, supaya tidak menimbulkan alergi bila terlalu banyak.

2. Lidah buaya

Ingat apa yang bisa dilakukan lidah buaya pada rambut? Ya, menyuburkannya! Ternyata selain menyuburkan rambut, gel lidah buaya juga mampu usir ketombe, lho! Buktikan sendiri dengan cara memotong lidah buaya hingga keluar gel lalu menggosokkannya langsung ke area yang dihinggapi ketombe selama beberapa hari. Selain ketombe hilang, kebersihan rambut Anda pun tetap terjaga.

3. Baking soda

Diam-diam, baking soda ini punya segudang khasiat, dari menghilangkan noda pakaian, sampai membasmi ketombe. Anda hanya perlu 1 sendok makan baking soda yang dicampur dengan 1 cangkir air dan beberapa tetes air mawar. Setelah itu, oleskan campuran tersebut di kepala, khususnya yang dihinggapi ketombe. Pemakaian secara rutin akan membantu Anda mengusir ketombe-ketombe yang sangat mengganggu.

4. Listerine

Listerine penyegar mulut itu? Ya, selain bisa menyegarkan rongga mulut, Listerine juga bisa menyegarkan kepala. Aroma segar dan menyengat itulah yang bisa mengusir ketombe di rambut. Anda bisa menyemprotkannya secara langsung atau mencampurnya dengan air terlebih dahulu agar tidak terlalu perih.

5. Minyak zaitun

Dipakai massage oke, digunakan untuk merawat rambut secara alami pun oke, itulah minyak zaitun. Keluhan ketombe Anda bisa segera diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala dan rambut lalu mendiamkannya selama 1 jam. Cara merawat rambut secara alami ini juga ampuh meredakan gatal yang Anda rasakan di kulit kepala.

6. Rajin keramas

Keramas adalah salah satu cara merawat rambut secara alami yang paling mudah dilakukan. Pilihah sampo dengan kandungan yang lembut sehingga aman untuk digunakan setiap hari. Jangan lupa juga memilih sampo khusus anti ketombe sehingga rambut Anda akan kembali sehat dan mengagumkan.